Cara Melihat Riwayat Perjalanan di PeduliLindungi, Bisa Cek Aktivitas Anak atau Pasangan!
JAKARTA, iNews.id - Cara melihat riwayat perjalanan di peduliLindungi terbilang sangat mudah. Pengguna hanya perlu memeriksanya pada fitur bawaan dalam aplikasi.
Pada dasarnya, riwayat perjalanan di aplikasi PeduliLindungi ini berfungsi untuk melacak perjalanan pemilik akun saat terinfeksi Covid-19. Dengan demikian, interaksi yang dilakukan dengan orang lain dapat diketahui lebih cepat.
Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir risiko penularan dari pemilik akun yang dinyatakan positif Covid-19. Oleh sebab itu, seluruh warga Indonesia diwajibkan untuk melakukan check in dengan menggunakan aplikasi tersebut saat hendak memasuki tempat umum, seperti mal, hotel, rumah sakit, dan lain sebagainya.
Namun pada kenyataannya, banyak orang yang memanfaatkan fitur riwayat perjalanan di aplikasi PeduliLindungi untuk keperluan lain. Keperluan tersebut termasuk untuk mengetahui aktivitas anak atau pasangan di luar rumah.
Lalu, bagaimana cara mengetahui riwayat perjalanan di aplikasi PeduliLindungi? Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dilansir iNews.id dari situs resminya, Senin (20/2/2023).
Sebelum melihat riwayat perjalanan di aplikasi PeduliLindungi, kamu perlu memastikan bahwa aplikasi tersebut telah terpasang di ponselmu. Selanjutnya, login ke akun yang telah terdaftar.
Apabila sudah melakukan langkah-langkah di atas, kamu perlu meneruskan dengan cara berikut ini.
Buka aplikasi PeduliLindungi.
Pada halaman utama, klik fitur Notifikasi yang bergambar lonceng di pojok kanan atas layar.
Pilih riwayat perjalanan.
Riwayat perjalananmu dapat dilihat di layar.
Walaupun terbilang mudah, beberapa orang mengaku mengalami kendala saat membuka riwayat perjalanan di PeduliLindungi. Kendala tersebut bisa berupa tidak adanya riwayat perjalanan sama sekali padahal pemilik akun telah melakukan check in berkali-kali sebelumnya.
Dalam hal ini perlu diketahui bahwa riwayat perjalanan hanya merekam aktivitas selama 2 minggu terakhir. Jika sudah lewat dari dua pekan, maka notifikasi akan hilang secara otomatis dan tidak bisa ditemukan di fitur manapun dalam aplikasi.
Namun jika perjalanan yang dilakukan belum melewati masa dua minggu, bisa jadi permasalahan ada pada aplikasi atau ponselmu. Apabila demikian, kamu bisa melakukan log out akun dan kembali log in.
Lalu jika masalah masih belum juga teratasi, kamu disarankan untuk melakukan restart pada ponselmu. Setelahnya, kembali buka fitur Notifikasi pada aplikasi PeduliLindungi.
Editor: Komaruddin Bagja