Catat Ini 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh tanpa Obat-Obatan

kevi laras ยท Minggu, 14 Agustus 2022 - 18:00:00 WIB
 Catat Ini 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh tanpa Obat-Obatan
Cara meningkatkan imun tubuh salah satunya dengan konsumsi buah-buahan. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh (imunitas) di tengah pandemi Covid-19 sangatlah penting. Konon imun tubuh bisa melindungi diri dari infeksi virus SARs-COV-2 atau lainnya. Lantas bagaimana cara meningkatkan imun tubuh selama pandemi? 

Ada banyak cara untuk meningkatkan imun tubuh beragam, dari yang alami sampai menambahkan obat-obatan. Namun ada baiknya mencoba cara aman untuk meningkatkan imun tubuh karena tanpa efek samping apapun. 

Berikut cara meningkatkan sistem imun, dirangkum dari berbagai sumber: 


1. Istirahat cukup

Waktu istirahat bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam.

"Kurang tidur dapat meningkatkan risiko sakit. Kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 7 jam tidur per malam," keterangan Healthline dikutip Minggu (14/8/2022)

2. Olahraga ringan

Cara meningkatkan imun tubuh salah satunya dengan olahraga. Studi menunjukkan satu sesi olahraga ringan dapat meningkatkan efektivitas vaksin, pada orang dengan sistem kekebalan yang terganggu. Contoh olahraga sedang termasuk jalan cepat, bersepeda stabil, joging, berenang, dan hiking ringan. Kebanyakan orang harus melakukan setidaknya 150 menit olahraga sedang per minggu.

3. Kelola stres

Mengelola stres juga cukup penting bagi kesehatan. Sebab emosi tidak terkontrol dan tekanan pekerjaan yang ada bisa memicu stres. Bila stres akhirnya memengaruhi kesehatan tubuh. Bahkan stres jangka panjang meningkatkan peradangan, serta ketidakseimbangan dalam fungsi sel kekebalan.


4  Konsumsi buah 

Bagi pecinta buah ternyata ada yang dapat meningkatkan sistem imun. Buah tersebut di antaranya jeruk, pepaya, kiwi, semangka, alpukat. Selain buah-buahan tropis, kurma medjool juga bisa meningkatkan imunitas. Kurma mengandung 18 gram karbohidrat dan tiga buah kurma deglet noor mengandung 16 gram. Setengah cangkir kurma menyediakan sekitar 14 persen dari nilai harian untuk kalium, 8 persen untuk magnesium dan 10 persen untuk mangan, juga sumber yang sangat baik untuk vitamin B6, menyediakan sekitar 24 persen dari nilai harian.


5. Makanan mengandung probiotik

Cara meningkatkan imun tubuh dengan makanan fermentasi. Makanan ini kaya akan bakteri menguntungkan disebut probiotik, yang mengisi saluran pencernaan. Makanan ini termasuk yogurt, asinan kubis, kimchi, kefir, dan natto. Melansir Healthline ada penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang dapat membantu sel-sel kekebalan, membedakan antara sel normal atau sehat dan organisme penyerbu yang berbahaya. . 

Editor : Elvira Anna

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda