Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Riwayat Penyakit Epy Kusnandar sebelum Meninggal Dunia, Depresi hingga Kanker Otak
Advertisement . Scroll to see content

Danone AQUA Perkenalkan Botol 100 Persen Daur Ulang di Jakarta

Selasa, 20 Agustus 2019 - 19:04:00 WIB
Danone AQUA Perkenalkan Botol 100 Persen Daur Ulang di Jakarta
Danone-AQUA berkomitmen menyebarkan kebaikan dengan mempromosikan hidrasi sehat sekaligus menjaga keberlanjutan alam. (Foto: iNes.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Sebagai merek kelahiran Indonesia, Danone-AQUA berkomitmen menyebarkan kebaikan dengan mempromosikan hidrasi sehat sekaligus menjaga keberlanjutan alam. Pemenuhan cairan dalam tubuh atau biasa disebut hidrasi harus diperhatikan karena sebagian besar tubuh terdiri dari air.

Kebutuhan air bagi tiap individu berbeda tergantung cuaca, usia, aktivitas sehari-hari, bahkan kesehatan. Namun bila tidak memperhatikan kebutuhan hidrasi, seseorang dapat pengalami dehidrasi kronis bahkan penyakit ginjal kronis.

Demi menyebarkan hidup sehat dengan hidrasi sehat, Danone-AQUA memberi hidrasi terbaik dengan cara menjaga keaslian produknya melalui penerapan prinsip Pilih, Jaga, Rawat di tiap sumber airnya. Tujuannya untuk menjaga kandungan mineral alami tiap produknya, sehingga baik bagi tubuh, terutama anak-anak.

Selain menjaga pemenuhan hidrasi bagi tubuh masyarakat, Danone-AQUA turut berkontribusi terhadap Indonesia yang lebih bersih dengan memperkenalkan kemasan inovatif terbarunya, AQUA LIFE, yang terbuat dari 100 persen bahan daur ulang dan dapat didaur ulang. Setelah sebelumnya diluncurkan di Bali pada Oktober 2018 lalu, pada Rabu 7 Agustus 2019, Danone-AQUA resmi memperkenalkan inovasi tersebut dan sekaligus menandakan AQUA LIFE sudah dijual di Jakarta.

Inovasi ini menjadi bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang menggaris bawahi tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia, yakni pengembangan infrastruktur, pengumpulan sampah, edukasi konsumen, dan inovasi kemasan produk. Danone-AQUA mendorong berbagai solusi inovatif berbasis kolaborasi untuk menghadapi permasalahan sampah plastik di Indonesia, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada 2025.

“Kami menargetkan di tahun 2025, kami dapat mencapai ambisi kami untuk mengumpulkan lebih banyak plastik daripada yang kami gunakan, memastikan seluruh kemasan kami dapat didaur ulang, serta meningkatkan proporsi konten daur ulang dalam botol kami menjadi 50 persen. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan perubahan pola pikir dari model ekonomi linear menjadi sirkular, di mana botol plastik harus dimaknai sebagai sesuatu yang berharga dan dapat digunakan kembali sebagai bahan baku, termasuk bahan baku untuk botol baru," ujar Presiden Direktur Danone-AQUA Corine Tap.

Corine juga mengatakan bahwa visi tersebut dapat tercapai dengan adanya kolaborasi lintas pemangku kepentingan.

“Karena itu, kami berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari pemulung, komunitas, bisnis sosial, hingga tokoh masyarakat, karena kami percaya semua dapat berkontribusi untuk Indonesia yang lebih bersih," katanya.

Keinginan mulia ini disambut baik oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan. Menurutnya, edukasi kepada masyarakat mengenai kebersihan lingkungan sangat penting apalagi dengan manajemen ekonomi sekular, dapat melahirkan siklus ekonomi baru.

“Kami menghargai upaya yang dilakukan oleh perusahaan swasta seperti Danone-AQUA dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan berbagai upaya terkait pengelolaan sampah plastik. Saat ini, penting bagi kita untuk mulai mengembangkan model manajemen ekonomi sirkuler yang akan berguna tidak hanya melahirkan siklus ekonomi baru bagi masyarakat, tetapi juga bermanfaat untuk lingkungan,” katanya.

Bersamaan dengan peluncuran AQUA LIFE di Jakarta, Danone-AQUA mengadakan pameran #BijakBerplastik di Atrium Gandaria City, Jakarta Selatan, mulai 7 Agustus 2019. Pameran yang berlangsung selama lima hari ini menggambarkan kisah perjalanan berkelanjutan Danone-AQUA, serta menampilkan instalasi berbahan dasar wadah plastik bekas, hasil karya seniman-seniman seperti Rebellionik, Ika Vantiani, Alfiah Rahdini, dan TAM ILLI.

Selama pameran, para seniman menyelenggarakan lokakarya mengenai bagaimana membuat karya-karya yang berguna dan indah dari wadah plastik bekas. Bergabung bersama para seniman adalah heySTARTIC dan Precious Plastic Indonesia, dua bisnis sosial yang telah sukses mendaur ulang sampah plastik menjadi produk-produk bernilai, mulai dari dekorasi hingga fesyen.

Peluncuran AQUA LIFE dan pameran #BijakBerplastik ini dihadiri oleh Brand Partner Danone-AQUA sekaligus aktor dan aktivis lingkungan Hamish Daud, serta artis dan atlet triatlon Kelly Tandiono.

Sejak 1983 Danone-AQUA telah memperkenalkan air minum dalam kemasan galon yang dapat digunakan kembali dan didaur ulang. Dengan model galon, 70 persen dari bisnis Danone-AQUA sudah sepenuhnya sirkular.

Selanjutnya pada 1993, Danone-AQUA memelopori program daur ulang pertama, yaitu “AQUA Peduli”. Saat ini, Danone-AQUA mampu mengumpulkan 12.000 ton plastik setiap tahunnya melalui enam Unit Bisnis Daur Ulang di berbagai kota di Indonesia.

Ke depan, Danone-AQUA mengajak semua orang untuk berkolaborasi dengan Hamish dan Kelly dalam membuat Indonesia yang lebih bersih. Untuk mengetahui lebih banyak tentang kegiatan kolaborasi, ikuti #BijakBerplastik dan @sehataqua di Instagram atau kunjungi www.sehataqua.co.id.

Editor: Tuty Ocktaviany

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut