Habis Makan lalu Langsung Tidur, Ini Efeknya pada Tubuh

Siska Permata Sari ยท Jumat, 07 Februari 2020 - 21:51 WIB
Habis Makan lalu Langsung Tidur, Ini Efeknya pada Tubuh

Jangan langsung tidur usai makan karena akan berbahaya bagi kesehatan. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kondisi perut yang kenyang memang sangat mudah membuat Anda mengantuk hingga akhirnya tertidur pulas. Habis makan lalu langsung tidur, juga menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dapat berdampak buruk pada tubuh. Apa alasannya?

Melansir dari The Sleep Judge, tidur setelah makan adalah kebiasaan buruk yang menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh. Ini karena bahan makanan yang dikonsumsi akan diproses dengan baik saat tubuh Anda di posisi tegak, bukan berbaring.

Masalah yang terjadi saat Anda tidur setelah makan adalah gangguan pada pencernaan. Berikut deretan masalah yang terjadi saat Anda sering tidur setelah makan, seperti dirangkum iNews.id, Jumat (7/2/2020).

GERD

Dengan pola pencernaan yang tidak tepat, akhirnya muncul penyakit seperti Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Adalah penyakit pencernaan di mana makanan dari dalam perut Anda kembali ke kerongkongan, sehingga memungkinkan asam lambung muncul dan menciptakan sensasi terbakar di tenggorokan dan perut Anda.

Berat badan naik

Berat badan akan bertambah saat mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar. Sementara itu, tidur langsung setelah makan juga berarti tubuh Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk membakar kalori tersebut. Dan, bayangkan jika Anda makan dalam porsi besar lalu langsung tidur.

Kembung dan sakit perut

Walaupun kadang perut kenyang dapat membuat Anda lekas mengantuk, tetapi kadang juga ini membuat Anda kesulitan tidur. Hal ini karena makan berlemak atau berat dapat menyebabkan kembung dan sakit perut yang dapat membuat Anda kesulitan tidur.


Editor : Tuty Ocktaviany