Hal Sangat Penting saat Tidur Selama Kehamilan, Posisi Miring Paling Aman

Siska Permata Sari ยท Kamis, 02 Desember 2021 - 07:19:00 WIB
Hal Sangat Penting saat Tidur Selama Kehamilan, Posisi Miring Paling Aman
Hal Sangat Penting saat Tidur Selama Kehamilan. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id  - Ada hal sangat penting saat tidur selama kehamilan. Seperti kita tahu, mendapatkan tidur yang cukup sangat penting bagi semua orang, apalagi ibu hamil yang sedang mengandung buah hatinya.

Namun, ada beberapa masalah tidur selama kehamilan. Mulai dari gangguan tidur, hingga memilih posisi tidur yang aman bagi ibu dan calon bayinya.

Oleh karena itu, para ibu hamil sebaiknya memperhatikan sejumlah hal sangat penting saat tidur selama kehamilan. Mulai dari waktu tidur yang baik hingga posisi tidur yang aman.

Berikut informasi selengkapnya, seperti dirangkum dari Healthline pada Kamis  (2/12/2021).


Waktu tidur yang baik
Sebagian ibu hamil mungkin mengalami masalah tidur. Ada yang kesulitan tidur atau ada pula yang seringkali merasa lelah dan merasa tidur berlebihan. Memang, merasa lelah dan mengantuk ketika hamil di trimester awal adalah hal wajar. Hal ini lantaran masalah perubahan hormonal dan fisiologis yang dialami oleh ibu hamil.

Namun, satu studi berpendapat bahwa mungkin ada risiko tidur berlebihan di trimester ketiga Anda. Dalam studi tersebut, ibu hamil yang tidur selama lebih dari 9 jam secara terus menerus sampai di bulan terakhir kehamilan, mereka memiliki kemungkinan bayi lahir mati yang lebih besar.

Jadi kapan durasi tidur yang baik bagi ibu hamil? Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang diperlukan untuk kesehatan bervariasi berdasarkan usia. Namun, dianjurkan mendapatkan tidur 7 hingga 9 jam setiap hari kepada para ibu hamil. 

Posisi tidur aman bagi ibu hamil
Posisi juga merupakan hal sangat penting saat tidur selama kehamilan. Para dokter, umumnya merekomendasikan tidur miring selama kehamilan. Sebab, sebuah tinjauan studi medis pada 2019 menemukan bahwa tidur telentang membawa risiko bagi calon bayi. 

Jadi, posisi tidur paling direkomendasikan adalah miring ke kiri. Sebab, ketika ibu hamil tidur miring ke samping kiri dapat memungkinkan aliran darah yang optimal dari vena cava inferior atau vena besar. Vena besar ini membawa darah ke jantung Anda dan, pada gilirannya, ke bayi Anda. 

Selain itu, tidur miring ke kiri juga menghilangkan tekanan dari hati dan ginjal Anda. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah pembengkakan di tangan, pergelangan kaki, dan kaki bagi ibu hamil.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: