Hoaks Bawang Putih Bisa Keluarkan Lendir Covid-19 dari Paru-Paru, Ini Penjelasan Dokter!

Leonardus Selwyn ยท Sabtu, 07 Agustus 2021 - 07:26:00 WIB
Hoaks Bawang Putih Bisa Keluarkan Lendir Covid-19 dari Paru-Paru, Ini Penjelasan Dokter!
Hoaks bawang putih disebut bisa mengatasi Covid-19. (Foto: Aljamila)

JAKARTA, iNews.id - Baru-baru ini beredar informasi yang menyebutkan bawang putih efektif untuk mengeluarkan lendir Covid-19 dari dalam paru-paru. Menjawab hal tersebut, Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i memberikan penjelasannya lewat unggahan akun Instagram @dr.fajriaddai belum lama ini.

Dia mengatakan informasi yang beredar di masyarakat itu tidak benar alias hoaks. Bawang putih tidak terbukti dapat mengeluarkan lendir Covid-19 dari paru-paru. 

“Itu ngaco, jadi cairan yang keluar itu bukan dari paru, tapi respon dari saluran pernapasan manusia karena tersumbat. Sehingga mucus itu sebenarnya diproduksi, bukan cairan dari paru. Tidak ada hubungannya,” ujar dr. Fajri dalam unggahannya. 

Lebih jauh, dr. Fajri mengimbau masyarakat agar tidak mencoba hal tersebut. Sebab memasukan bawang putih ke lubang hidung justru berbahaya karena bisa menyebabkan sumbatan di saluran pernapasan, terlebih jika sebelumnya orang tersebut sudah memiliki penyakit paru maka akibatnya bisa hipoksia, membiru, dan lain-lain. 

“Terlebih jika bawang putih tersebut masuk ke dalam saluran pernapasan, maka itu akan mengancam nyawa juga. Jadi jangan mencoba kegiatan berbahaya ini. Sebab tidak ada bukti ilmiahnya, manfaatnya belum jelas, justru malah bisa mengancam nyawa,” kata dia.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda