Ingin Tetap Sehat saat Lebaran? Begini Saran Pakar

Diaz Abraham ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 23:53 WIB
Ingin Tetap Sehat saat Lebaran? Begini Saran Pakar

Konsumsi makanan sehat. (Foto: AFP Relaxnews)

JAKARTA, iNews.id – Masyarakat di Indonesia sering menyambut momen Idul Fitri dengan membuat kudapan seperti opor, rendang, sambal goreng kentang, hingga minuman manis. Padahal, makanan ini jika dikonsumsi berlebihan akan membahayakan tubuh.

Apalagi berbagai faktor lainnya seperti tambahan banyak bumbu dan proses pengolahannya cukup panjang, membuat beberapa vitamin dalam makananan hilang. Ketua Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, Tirta Prawita Sari menyebut bila banyak cara agar bisa sehat selama Lebaran.

“Keep simple, makanan yang disajikan nggak boleh rumit. Ayam misalnya, rebus saja atau goreng saja nggak usah melalui proses panjang. Nggak usah dipadu bumbu dengan gula dan lainnya, masukan tepung kemudian goreng misalnya. Kalau mau berkuah, buat saja sup,” ujarnya ketika menjadi narasumber dalam acara konferensi pers virtual “Lebaran Sehat 1441 H”, Kamis (21/5/2020).

Selanjutnya soal opor ayam yang mengandung banyak santan, menurutnya, akan lebih baik jika penggunaan santan tidak terlalu banyak dan dimasak dengan waktu singkat. Santan juga bisa diganti susu almond atau kedelai, jangan full cream.

Cara selanjutnya yakni kurangi kalori dalam opor dengan cara membuang bagian kulit ayam dan hindari menggunakan bagian dada karena tinggi kalori. Tips lainnya, yakni gunakan garam secukupnya atau penggunaannya diganti dengan garam diet karena berbasis pada kalium.

“Kalau masak dengan santan, masak semua dalam air terlebih dahulu, masak bumbunya. Setelah itu jika ingin makan, masukan satu hingga dua sendok makan santan,” ucapnya.

Selain opor, saat Lebaran kita juga kerap menikmati minuman manis. Hal ini cukup berbahaya, tapi kita dapat mengakalinya dengan menggunakan gula stevia.

Editor : Tuty Ocktaviany