Ingin Tingkatkan Fungsi Otak Anak? Coba Konsumsi Ikan dan Brokoli

Okezone.com ยท Rabu, 11 April 2018 - 18:14:00 WIB
Ingin Tingkatkan Fungsi Otak Anak? Coba Konsumsi Ikan dan Brokoli
Brokoli ampuh tingkatkan fungsi otak anak. (Foto: Hellosehat)

JAKARTA, iNews.id – Orangtua mana yang tidak ingin anaknya memiliki daya ingat tinggi? Jika itu keinginan Anda, coba biasakan anak mengonsumsi makanan sehat. Apa saja?

Makanan-makanan tersebut tidak mengandung tinggi kalori, sehingga aman untuk menjaga berat badan. Daripada penasaran, berikut tujuh makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak, khususnya untuk anak-anak.

Simak ulasannya berikut ini, dilansir Goodfood, Rabu (11/4/2018).

Gandum

Anda tidak begitu disarankan untuk mengonsumsi olahan makanan dari tepung. Lebih baik memiliki aneka olahan gandum yang biasa dikonsumsi dalam bentuk pasta, mi, roti, biskuit dan sebagainya. Gandum memiliki indeks glikemik rendah yang tidak membentuk glukosa tinggi dalam tubuh. Karena itu, sangat mudah dicerna dan baik untuk menjaga kesehatan otak.

Ikan

Hampir semua jenis ikan mengandung asam lemak omega 3, termasuk yang disarankan untuk banyak dikonsumsi, yakni ikan salmon. Ikan ini mengandung minyak alami dalam bentuk EPA dan DHA. Jika Anda sering memberikan anak-anak makan ikan itu, daya ingat otaknya menjadi lebih cerdas dan mudah merekam banyak hal yang pernah ditemui.

Kacang-kacangan

Aneka jenis kacang seperti kedelai, biji labu, walnut, hingga kacang almond, penting untuk menjaga fungsi otak yang sehat. Tak hanya itu, makanan tersebut juga dapat menjaga kesehatan jantung dan persendian. Jenis kacang-kacangan tersebut mengandung EPA dan DHA yang bisa meningkatkan fungsi daya ingat. Pada lansia, konsumsi makanan ini juga mencegah risiko demensia dan alzheimer.

Blueberry

Bukti yang terkumpul di Tufts University di Amerika Serikat menunjukkan bahwa konsumsi blueberry, efektif dalam meningkatkan atau menunda pikun. Ada senyawa pelindung yang disebut anthocyanin, fungsinya untuk melindungi otak dari radikal bebas. Ternyata kandungan senyawa itu juga terdapat dalam sayuran dan buah lain berwarna ungu, seperti terung, kubis ungu, bayam merah, dan sebagainya.

Tomat

Tomat mengandung likopen, yakni antioksidan kuat yang berfungsi untuk melindungi dari jenis kerusakan radikal bebas pada sel otak. Agar rasanya enak dan khasiatnya tambah, nikmati tomat segar bersama minyak zaitun. Tumis sebentar agar antioksidannya keluar. Dalam jangka panjang, fungsi dari makanan ini bisa menurunkan risiko alzheimer.

Telur

Pecahkan dua butir telur dan masak sampai matang. Telur ini mengandung vitamin B, B6, B12 dan asam folat. Makanlah telur setiap pagi supaya mendapatkan banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan daya ingat, Anda bisa mendapatkan sumber protein yang baik.

Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin K yang dikenal untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kekuatan otak. Para peneliti menyebutkan, segenggam brokolo mengandung glucosinolates. Senyawa ini dapat memperlambat pemecahan neurotransmitter, asetilkolin, yang diperlukan untuk sistem saraf pusat. Dalam jangka panjang, sering makan brokoli bisa meningkatkan ingatan Anda. Demikian dimuat Okezone.com.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel: