Ingin Tingkatkan Produktivitas Kerja? 4 Hal Sederhana Ini Solusinya

Siska Permata Sari ยท Jumat, 20 April 2018 - 00:01 WIB
Ingin Tingkatkan Produktivitas Kerja? 4 Hal Sederhana Ini Solusinya

Tetap produktif bekerja meski akhir pekan di depan Anda. (Foto: Flurt)

<p>JAKARTA, iNews.id - Menjelang akhir pekan, rasa keinginan untuk istirahat dan libur dari rutinitas kerja sudah membayang-bayang di depan mata. Alhasil, kadang kala hal ini membuat kita malas-malasan bekerja karena memikirkan libur akhir pekan.

Begitu juga saat menghadapi hari Senin, di mana kadang kala kita malas menyambut hari dengan suka cita karena akhir pekan sudah habis dan harus mulai bekerja. Tetapi, tentu saja itu bukan alasan lagi untuk menurunkan kinerja dan produktivitas.

Demi menghindari kemalasan-kemalasan kerja dan rasa stres yang tak dapat dihindarkan, ada kunci rahasia untuk meningkatkan produktivitas sekaligus mengurangi stres dengan melakukan hal-hal sederhana.

Kunci rahasianya adalah melatih fokus di 10 menit pertama Anda sampai di kantor atau mulai bekerja. Caranya dengan melakukan sejumlah hal sederhana, tapi berdampak besar untuk produktivitas.

Berikut cara-caranya, seperti dikutip dari Entrepreneur, Jumat (20/4/2018).

Rileks

Sebelum Anda mulai kerja, ada baiknya melatih fokus dengan rileks di 10 menit pertama. Fokuslah pada berat badan Anda di kursi, rasakan kaki-kaki Anda di tanah. Metode ini mirip meditasi, tetapi dilakukan di kursi kerja Anda. Kemudian, tarik napas Anda dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Lakukan itu berulang hingga Anda fokus dan rileks.

Pikirkan Tujuan Anda Hari Ini

Jika Anda sudah fokus dan rileks, hal yang kemudian harus dilakukan adalah memikirkan tujuan Anda di hari ini. Misalnya, menyelesaikan deadline beberapa jam sebelum tenggat. Tanya pada diri Anda sendiri, kualitas apa yang ingin Anda kembangkan hari ini? Anda ingin menjadi siapa hari ini? Bagaimana Anda ingin berada di tempat kerja hari ini? Hal ini akan membuat Anda termotivasi dan lebih fokus pada tujuan.

Tulis To Do List

Setelah memikirkan semuanya di kepala Anda, sehingga fokus dan semangat Anda sudah terkumpul, kini saatnya mencatat target yang lebih kongkret lagi dengan menulis to do list. Kegiatan sederhana ini dapat membuat Anda fokus sepanjang hari untuk menyelesaikan target yang sudah Anda catat.

Beri Diri Anda Istirahat

Jika Anda ingin produktivitas yang bagus, jangan paksa Anda terus-terusan bekerja dan menatap komputer selama seharian. Beri diri Anda istirahat dan jeda, mungkin setelah berhadapan dengan perangkat elektronik selama 30-60 menit, Anda bisa mengalihkan pandangan ke arah lain selain layar komputer. Ini untuk mengistirahatkan mata Anda juga.

Selain itu, gunakanlah saat makan siang untuk makan, dan tidak berada di hadapan komputer. Sebab, percaya atau tidak, beberapa penelitian sudah membuktikan jika makan di meja kerja tidak akan meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany