Ini Jam Makan yang Benar untuk Penderita Asam Lambung, Ternyata Tidak Boleh Terlalu Malam

Kiki Oktaliani ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 11:11:00 WIB
Ini Jam Makan yang Benar untuk Penderita Asam Lambung, Ternyata Tidak Boleh Terlalu Malam
Ilustrasi Jam Makan yang Benar untuk Penderita Asam Lambung. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang sangat umum dijumpai belakangan ini. Penyakit yang juga dikenal dengan istilah gastroesophageal reflux disease (GERD) ini adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Lantas adakah jam makan yang benar untuk penderita asam lambung? 

Harus dipahami kalau penyakit asam lambung kerap menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut. Gerd sendiri cukup rentan kambuh bila jam makannya tidak tepat atau berantakan. 

Selain jam makan yang berantakan jenis makanan yang dikonsumsi juga memengaruhi naiknya asam lambung. Berikut ini hal-hal yang perlu dipahami, khususnya terkait jam makan yang benar untuk penderita asam lambung: 

1. Atur jam makan
Bagi para penderita asam lambung atau Gerd, penting untuk mengatur jam makan agar tidak memicu reflux serta rasa yang tidak nyaman akibat gas asam di perut yang naik ke kerongkongan. Jam makan yang benar untuk penderita asam lambung atau gerd adalah tiga atau empat jam sebelum tidur atau berbaring. 


2. Jadwal makan malam yang tak teratur
Pola makan tak teratur khususnya di malam hari, menjadi salah satu kebiasaan yang tidak kita. Jam makan sebelum tidur dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Hal ini disebabkan karena setelah makan, Anda tidak menyediakan cukup waktu bagi tubuh mencerna makanan dengan langsung tidur. Oleh sebab itu, untuk mengatasi asam lambung yang naik, sebaiknya hindari makan dua jam sebelum tidur. Selain itu, makanlah secara teratur agar lambung dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sesuai waktunya.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda