Kalap Makan saat Lebaran, Hati-Hati Gula Darah Naik 

Leonardus Selwyn · Jumat, 14 Mei 2021 - 08:06:00 WIB
Kalap Makan saat Lebaran, Hati-Hati Gula Darah Naik 
Keluarga santap makan bersama di Hari Lebaran. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Menikmati makanan saat Lebaran bersama keluarga tentu sangat menyenangkan. Meski terasa nikmat dan terkadang sampai kalap, namun seseorang harus tetap menjaga asupan makanan yang dikonsumsi selama lebaran demi alasan kesehatan. 

Dalam video yang diunggah di channel YouTube Pertamina, Jumat (14/5/2021), Dokter Spesialis Gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr Diani Adrina SpGK menjelaskan efek yang akan muncul apabila tidak menjaga makan saat lebaran. 

“Misalnya mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah banyak, mengonsumsi minuman bersoda dan manis dalam jumlah banyak, itu akan menyebabkan kenaikan kolesterol darah pada saat kita check up,” terang dr. Diani. 

Tak hanya itu, tidak menjaga makan saat Lebaran juga bisa menyebabkan kenaikan trigliserida darah, atau bahkan yang berpotensi menyebabkan kenaikan gula darah. Bahkan dalam beberapa kasus lain, ada yang menyebabkan masalah pada saluran pencernaan. 

“Masalah lambung ini kerap sekali ditemukan pada saat Idul Fitri pertama kedua, dan ketiga, sebab pada saat itu seseorang makan sedang banyak-banyaknya. Konsumsi makanan dengan  tidak berlebihan saat perayaan Idul Fitri adalah cara bijak untuk menjaga kesehatan tubuh kita,” tuntasnya.

Editor : Elvira Anna