Khas di Perayaan Valentine, Ini Manfaat Tersembunyi dari Cokelat

Siska Permata Sari ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 04:05 WIB
Khas di Perayaan Valentine, Ini Manfaat Tersembunyi dari Cokelat

Ada manfaat tersembunyi dari cokelat. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Perayaan hari Valentine sangat erat kaitannya dengan cokelat. Makanan yang satu ini menjadi semacam simbol cinta yang sering diberikan kepada kekasih atau orang tersayang di hari yang lekat dengan cinta dan kasih.

Walaupun rasanya manis, tetapi rupanya di balik sebongkah cokelat, ada tumbuhan bernama kakao yang memiliki banyak manfaat pada kesehatan. Karena seperti diketahui, kakao mengandung antioksidan disebut flavonoid, yang dapat melakukan segala macam hal baik untuk tubuh Anda.

Penelitian dari British Cardiovascular Society juga menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak cokelat cenderung memiliki risiko lebih rendah terhadap masalah jantung seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu, cokelat juga terkait dengan memiliki risiko lebih rendah untuk diabetes tipe 2, berdasarkan The National Center for Biotechnology Information.

Tidak hanya itu, salah satu manfaat terbaik dari makan cokelat adalah dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda.

Namun perlu dicatat bahwa cokelat yang dikonsumsi bukanlah cokelat dengan kandungan gula yang tinggi, melainkan bubuk kakao tanpa gula atau batangan cokelat hitam.

“Kakao tidak memiliki gula yang ditambahkan ke dalamnya, sehingga dapat memiliki rasa yang lebih pahit," kata Catherine Kruppa, RD selaku ahli gizi di Houston, Texas, seperti dikutip dari Fit Bit, Jumat (14/2/2020).

“Walau tidak manis, tetapi itu bisa menjadi cara mudah untuk membuat sesuatu terasa cokelat dan memberi Anda banyak manfaat kesehatan,” ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany