Makan Cokelat Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak, Buktikan Saja!

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 28 April 2018 - 00:03 WIB
Makan Cokelat Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak, Buktikan Saja!

Cokelat ampuh meningkatkan kesehatan otak. (Foto: Sheknows)

JAKARTA, iNews.id - Ada kabar gembira bagi Anda yang suka makan cokelat. Pasalnya, sebuah studi memaparkan manfaat makan cokelat bagi kesehatan otak Anda. Bagaimana caranya?

Sebuah studi dari Italia menemukan jika mengonsumsi cokelat secara rutin dapat meningkatkan kesehatan otak. Hal ini berhubungan dengan kandungan senyawa antioksidan yang bermanfaat dari dalam biji kakao bernama flavanol.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of L'Aquila, Italia, konsumsi kakao kaya flavanol telah dikaitkan dengan peningkatan memori, fungsi kognitif jangka pendek, dan menangkal penurunan kognitif.

Penulis penelitian Valentina Socci dan Michele Ferrara mengatakan, flavanol yang terkandung dalam cokelat dapat memiliki efek menguntungkan pada sirkulasi darah otak dan meningkatkan kecepatan pemrosesan citra visual.

"Bagi orangtua, konsumsi cokelat jangka panjang memiliki efek yang jelas untuk kefokusan, kefasihan, dan memori verbal. Efeknya bahkan lebih besar bagi orangtua yang sudah mengalami penurunan kognitif," kata Valentina Socci dan Michele Ferrara, seperti dikutip dari Independent, Sabtu (28/4/2018).

Menurut penelitian lain dari Harvard Medical School, senyawa antioksidan flavanol cokelat telah terbukti meningkatkan aliran darah ke jantung, mencegah penggumpalan darah, dan melawan kerusakan sel.

Namun, cokelat hitam dinilai bermanfaat karena lebih banyak mengandung senyawa antioksidan tersebut. Tetapi patut diingat pula, efek samping dari makan cokelat berlebihan seperti kalori dan lemak.

Editor : Tuty Ocktaviany