5 Makanan Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Nikmat Dikonsumsi Mentah atau Dimasak

Muhammad Sukardi · Kamis, 18 November 2021 - 13:30:00 WIB
5 Makanan Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Nikmat Dikonsumsi Mentah atau Dimasak
Makanan Ampuh Turunkan Darah Tinggi. (Foto: liferenu)

JAKARTA, iNews.id - Penyakit darah tinggi masih menjadi salah satu penyebab fatal terjadinya serangan jantung. Tak bisa dihilangkan, namun ada beberapa makanan ampuh turunkan darah tinggi bagi penderitanya. Diharapkan dengan mengonsumsi makanan tersebut tekanan darah teratasi.

Diketahui secara global di dunia, lebih dari 1 miliar orang memiliki tekanan darah tinggi, yang didefinisikan dengan nilai tekanan darah sistolik di atas 130 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mmHg. Obat-obatan penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) biasa digunakan untuk mengurangi tingkat tekanan darah.

Selain obat, dokter pastinya akan menyarankan pasien untuk memperbaiki gaya hidup, termasuk lebih selektif mengonsumsi makanan.


Nah, berikut ini ada 5 makanan ampun turunkan darah tinggi, dilansir dari Healthline, Kamis (18/11/2021):


1. Buah sitrus
Buah sitrus di sini termasuk anggur, jeruk, dan lemon. Buah ini memiliki efek menurunkan tekanan darah yang cukup kuat. "Buah-buah ini kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa alami lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh," tulis laman tersebut, Kamis (18/11/2021).
Bahkan pada studi 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa konsumsi jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan olahraha jalan kaki secara signifikan berkolerasi menurunkan tekanan darah. Ini efek dari asam sitrat dan flavonoid yang terkandung di lemon.

2. Salmon
Ikan berlemak baik seperti salmon adalah sumber omega 3 yang sangat baik, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lemak baik itu juga dipercaya dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan oxylipins. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi daging salmon dapat menurunkan tekanan darah. Hal itu juga dibuktikan pada studi yang melibatkan 2.036 orang sehat, bahwa mereka yang rutin mengonsumsi salmon tekanan darahnya normal.

3. Buah beri
Makanan ampuh turunkan darah tinggi lainnya adalah buah beri. Buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Buah ini kaya akan antioksidan.

4. Wortel
Sayuran yang satu ini kaya akan senyawa fenolik seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang mana itu semua membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Wortel mentah dianggap lebih baik untuk menurunkan tekanan darah. Ini dibuktikan dalam studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40-59 tahun bahwa mengonsumsi wortel mentah secara signifikan dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

5. Seledri
Sayuran ini pun sudah begitu populer dikonsumsi untuk mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi. Hal itu karena seledri mengandung senyawa bernama phthalates yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk seledri, peneliti percaya bahwa sayuran ini memberikan manfaat lebih jika dimasak terlebih dulu, tidak dimakan mentah.

Editor : Elvira Anna

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda