Mandi Air Dingin Dipercaya Bantu Lindungi Diri dari Virus Corona

Siska Permata Sari ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 10:59 WIB
Mandi Air Dingin Dipercaya Bantu Lindungi Diri dari Virus Corona

Mengurangi stres dengan berenang atau mandi air dingin merupakan bagian dari terapi terhindar dari virus corona. (Foto: Tellers Report)

JAKARTA, iNews.id - Upaya pencegahan sangat penting untuk melindungi diri dari virus corona baru (Covid-19). Menghindari stres penting untuk menjaga sistem imun tubuh tetap dalam kondisi optimal.

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengurangi stres. Salah satunya mandi air dingin. Ini disarankan asisten profesor psikiatri di Universitas McGill Rob Whitley.

Dia mengatakan, mengurangi stres dengan berenang atau mandi air dingin merupakan bagian dari terapi. Dia mengungkapkan manfaat kesehatan mental dari berenang atau mandi air dingin sekira 60-70 derajat Fahrenheit.

Terutama saat berenang di ruangan terbuka, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati, meningkatkan kebahagiaan, dan meningkatkan kualitas tidur.

“Berenang di luar ruangan di musim panas juga dapat melibatkan paparan sinar matahari, yang memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk pembentukan vitamin D, yang dapat membantu melindungi dari berbagai penyakit pernapasan, termasuk Covid-19,” ujarnya, seperti dilansir dari The Ladders, Kamis (14/5/2020).

Alternatif lainnya, yakni mandi air dingin di rumah, yang juga dapat merangsang saraf bagus, untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

“Mandi air dingin di rumah juga dapat bermanfaat, meskipun membatasi manfaat olahraga dan terkena sinar matahari,” katanya.

Editor : Dani Dahwilani