5 Manfaat Buah Mangga, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 03 Desember 2020 - 01:24:00 WIB
5 Manfaat Buah Mangga, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Buah mangga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. (foto: AFP/Farooq Naem)

JAKARTA, iNews.id - Mangga merupakan buah yang banyak diolah menjadi beberapa jenis makanan. Selain nikmat dimakan langsung, buah yang memiliki warna kuning hingga merah jingga ini juga kerap dijadikan rujak, manisan, jus, serta campuran berbagai jenis kudapan es.

Tidak hanya memiliki rasanya yang lezat, buah mangga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, apalagi dalam kondisi saat ini pandemi Covid-19. Berikut ini berbagai manfaat yang dimiliki dari buah mangga, seperti dilansir dari Boldsky pada Rabu (2/12/2020).

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah mangga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A serta 25 jenis karoten lainnya. Kandungan inilah yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, serta menjadi sumber nutrisi penambah kekebalan yang baik.

Si 'Raja Buah' ini nyatanya dapat membantu melawan infeksi pada tubuh. Bahkan, mangga juga memiliki kandungan folat, vitamin K, vitamin E serta vitamin B yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mangga adalah salah satu buah yang menjadi sumber potasium dan magnesium yang baik untuk meningkatkan kadar tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah. Kandungan zat tersebut juga berfungsi untuk membantu menjaga denyut nadi yang sehat. 

Tak hanya itu, mangga juga memiliki kandungan antioksidan yang disebut mangiferin. Kandungan ini berperan dalam melindungi sel-sel jantung terhadap ancaman peradangan, stres oksidatif, serta kematian sel.

3. Membantu mengurangi risiko kanker

Buah mangga memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah polifenol, yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. 

Kandungan polifenol ini dapat membantu melindungi tubuh dari ancaman stres oksidatif. Penelitian menunjukkan jika polifenol dapat menghentikan pertumbuhan, bahkan menghancurkan beberapa jenis sel kanker.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Bagi penderita gangguan pencernaan, mengonsumsi mangga menjadi hal yang wajib. Sebab, mangga kaya akan pektin berserat yang berperan untuk membantu memecah makanan dalam sistem pencernaan.

Tak hanya itu, di dalam mangga juga terkandung beberapa enzim yang dapat membantu memecah protein. Seperti halnya enzim amilase yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

5. Mengurangi risiko asma

Mangga memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang baik bagi penderita asma. Bahkan, mangga disebut dapat menjadi bahan alami yang baik untuk mengurangi risiko penyakit asma.

Editor : Arif Budiwinarto