Mengenal Kanker Usus, Penyakit yang Diidap Aktor Henky Solaiman Sebelum Meninggal

Diaz Abraham ยท Jumat, 15 Mei 2020 - 22:37 WIB
Mengenal Kanker Usus, Penyakit yang Diidap Aktor Henky Solaiman Sebelum Meninggal

Aktor Henky Solaiman meninggal dunia karena kanker usus. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Duka menyelimuti jagat perfilman Tanah Air karena kehilangan sosok aktor senior Henky Solaiman pada Jumat (15/5/2020). Pria 78 tahun tersebut meninggal karena penyakit kanker usus yang diidapnya.

Kanker usus adalah salah satu jenis kanker yang sering diidap masyarakat, tak terkecuali di Indonesia. Kanker ini bisa menyerang pria dan wanita dengan ciri-ciri yang sulit terdeteksi.

Akibat sulitnya mendeteksi penyakit ini, para ahli menyarankan untuk melakukan skrining berkala. Selain itu, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat menjadi kunci agar terhindar dari penyakit mematikan satu ini.

Dari berbagai sumber yang iNews.id rangkum, kanker usus disebabkan oleh mutasi sel-sel yang tumbuh upnormal. Hal ini menyebabkan sel-sel tumbuh berlebihan dan menjadi ganas. Penderita penyakit ini lebih banyak menginjak usia 50 tahun ke atas, tapi tidak menutup kemungkinan kelompok usia lebih muda menderitanya.

Gaya hidup yang tidak sehat yakni kurang gerak, olahraga, dan merokok disinyalir menjadi salah satu pemicu timbulnya kanker usus. Makan-makanan cepat saji yang tinggi lemak jahat berpengaruh meningkatkan risiko kanker.

Beberapa nutrisi yang bisa mengurangi risiko kanker seperti antioksidan untuk menetralisir efek negatif dari radikal bebas. Selain itu, konsumsi makanan berserat dapat mencegah kanker karena dapat memperlancar pencernaan dan mencegah polip.

Editor : Tuty Ocktaviany