Mengendalikan Kasus Covid-19 Selama Libur Lebaran, Ahli Epidemiologi: Vaksinasi Kuncinya 

kevi laras · Jumat, 22 April 2022 - 09:19:00 WIB
Mengendalikan Kasus Covid-19 Selama Libur Lebaran, Ahli Epidemiologi: Vaksinasi Kuncinya 
Seorang warga penerima mendapat vaksinasi oleh petugas Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. Foto: ANTARA.

JAKARTA, iNews.id - Perkembangan kasus Covid-19 di dunia saat ini memunculkan varian-varian baru. Ahli Epidemiologi UI, Pandu Riono mengungkapkan dalam mengendalikan Covid-19, khususnya menjelang libur Lebaran yakni dengan vaksinasi.

Pandu mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tidak lagi optimal. Sebab dalam kurun waktu 3 bulan dia melihat adanya penurunan kasus dan peningkatan antibodi masyarakat.

"Jadi strategi vaksinasi bagi lansia dampaknya positif, artinya kita harus dorong vaksinasi yang masih rendah. Ada juga yang menunda dan vaksinasi menjadi kunci," kata Pandu Riano dalam YouTube Kementerian Kesehatan, Jumat (22/4/2022)

Alasan dia menjadikan vaksinasi sebagai kunci, mengacu pada data peningkatan antibodi di masyarakat. Meski di tengah kelonjakan kasus Covid-19, di berbagai negara dan di Indonesia, namun dia memastikan antibodi atau imunitas masyarakat sudah cukup tinggi.

"Jadi lonjakan kasus, bukan hanya dipengaruhi oleh varian baru, tapi juga tingkat imunitas setiap orang. Nah saat ini belum ada varian yang mencemaskan,” kata Pandu.

Dia menyarankan agar program vaksinasi terus dilakukan agar capaian seluruh masyarakat Indonesia bisa memiliki antibodi terwujud. Di mana, antibodi bertujuan melindungi seseorang dari virus tertentu, sehingga meminimalisir terjadinya perburukan akibat Covid-19.

"Jadi dengan begitu strateginya kita harus bergeser. Fokusnya memberikan kekebalan pada penduduk," katanya.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda