Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Bazar Fashion Locallove Tak Sekadar Surga Belanja Gen Z, tapi Wadah Edukasi!
Advertisement . Scroll to see content

Mengintip Tren Fashion di Indonesia, Rok Kembali Berevolusi

Jumat, 10 Februari 2023 - 08:46:00 WIB
Mengintip Tren Fashion di Indonesia, Rok Kembali Berevolusi
Rok diprediksi menjadi tren fashion dunia pada 2023, brand lokal ikut bervolusi. (Foto: Instagram)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Fashion merupakan bagian dari gaya hidup (lifestyle) yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Di mana dari tahun ke tahun terus berevolusi.

Salah satu item fashion penting bagi kaum perempuan adalah rok. Meski faktanya di beberapa negara rok juga digunakan kaum pria seperti Irlandia dan beberapa negara lain, namun rok di Indonesia identik dengan perempuan.

Dilansir dari NZ Herald, pakar gender dan kultur media, Camilla Nelson memprediksi rok akan menjadi tren fashion dunia pada 2023. Bagaimana tren fashion rok di Indonesia berkembang. 

Menilik ke belakang, dua dekade ke belakang hampir tidak ada brand fashion Indonesia mengembangkan model rok. Saat itu, rok masih berkiblat pada model luar.

Ini pula yang menginsiprasi brand fashion lokal lahir dan berevolusi. Salah satu pioneernya adalah Rokgaliya, brand fashion asal kota Malang, Jawa Timur. 

Diketahui, Rokgaliya didirikan sejak 11 tahun lalu, oleh Leila Melati, perempuan kelahiran 9 Januari 1991. Kala itu, dia masih menjadi mahasiswi Universitas Brawijaya.

Leila menuturkan saat itu susah sekali mencari rok panjang. Padahal, kebutuhan item tersebut begitu besar di kalangan perempuan. 

Berawal dari kesukaannya berbelanja pakaian melihat potensi bisnis dari kesulitan kaum perempuan mencari brand rok di toko pakaian, dia mulai menjual rok di media online Kaskus, Female Daily dan mengikuti berbagai event bazaar mall sampai akhirnya sukses mendirikan store pertama di Malang.

"Kami membangun hampir dari 0 rupiah. Rokgaliya diambil sebagai nama brand agar mudah dihafal. Nama Galiya diambil dari Bahasa Yunani berarti tenang dan lembut," ujar Leila, dalam keterangannya dilansir Jumat (10/2/2023).

Dia mengungkapkan, dari awalnya hanya sistem pre-order dan bekerja sama dengan dua konveksi, kini Rokgaliya sudah bekerja sama dengan tujuh konveksi besar di Indonesia dan memiliki banyak karyawan.

Rokgaliya juga pernah berkolaborasi Natasha Rizky dan diminati kalangan artis dan Influencer seperti Shireen Sungkar, Fatin Shidqia dan Revalina S Temat. 

"Fokus kita memang membuat produk dengan kualitas terbaik dengan bahan yang nyaman dipakai tetapi tetap stylish," kata wanita yang kini berusia 31 tahun tersebut.

Berkembang pesatnya brand dengan ribuan penjualan per bula, melalui online dan puluhan storenya, Rokgaliya saat ini sudah mempunyai tiga sister brand, yaitu Bajubojo, Little Rokgaliya dan Kattun. 

Kesuksesannya ini menjadi inspirasi masyarakat Indonesia yang menyukai dunia fashion. Terlebih, fashion rok di dunia tahun ini kembali menjadi tren bisa menjadi peluang.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut