Menjaga Kesehatan Lansia sejak Dini, Salah Satunya Manfaatkan Layanan Homecare
JAKARTA, iNews.id - Layanan homecare belakang ini sedang digandrungi banyak orang. Terlebih sejak masa pandemi Covid-19, masyarakat memilih menggunakan layanan homecare.
Biasanya, layanan homecare mengandalkan perawat yang siap menjalankan proses layanan di rumah. Adapun jenis layanan yang kerap menggunakan jasa homecare adalah pasca-operasi, perawatan luka, perawatan pendampingan, hingga perawatan lansia.
Terkait perawatan lansia juga sangat penting. Dengan layanan ini, perawat akan standby menemani lansia di rumah. Adapun perawatan lansia biasanya melakukan terapi rehabilitasi, hingga pendampingan harian lansia.
Dr. Eddy Wiria, PhD selaku Co-Founder dan CEO Kavacare mengatakan, dia ingin mewujudkan harapan setiap orang untuk bisa menua dengan kondisi kesehatan terbaik, dan tetap dapat menjalani hidup yang berkualitas.
Menurut dia, merujuk pada data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2020, sebanyak 48,49 persen atau separuh penduduk lansia di DKI Jakarta memiliki keluhan kesehatan. Dari jumlah tersebut, 73,67 persen di antaranya memilih untuk mengobati sendiri.
"Sulitnya mobilitas lansia menjadi salah satu faktor banyaknya lansia yang memilih untuk menangani keluhannya secara mandiri, alih-alih mendapatkan perawatan dan pengobatan yang sesuai. Hal ini berdampak pada kualitas hidup lansia secara menyeluruh," ujar Dr. Eddy Wiria, melalui keterangannya belum lama ini.
Layanan Homecare
Dr. Eddy Wiria menambahkan, dalam memenuhi kebutuhan dan ekspektasi terhadap peningkatan kualitas hidup lansia, Kavacare meresmikan pembukaan layanan homecare. Peresmian tersebut dilakukan bersamaan dengan digelarnya kegiatan bakti sosial di panti jompo di kawasan Jakarta Timur. Pada kegiatan tersebut, Kavacare berkesempatan memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan gratis kepada lebih dari 50 pasien lansia.
"Di samping layanan kesehatan di rumah yang komprehensif, kami juga melihat tingginya kebutuhan akan pilihan akses kesehatan yang lebih beragam bagi masyarakat, khususnya dalam hal berobat di dalam dan luar negeri," kata dr Eddy
Dia menambahkan, banyak kalangan yang memerlukan layanan kesehatan di berbagai rumah sakit di dalam maupun luar negeri, namun kesulitan mendapatkan informasi cara berobat yang tepat dan sesuai kemampuan.
Untuk itu, Kavacare hadir memberikan solusi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan. Nama Kavacare yang diambil dari kata ‘Kavanah’ berarti setiap langkahnya
merupakan niat dan pengabdian secara holistik, baik secara emosional maupun intelektual.
Sejalan dengan ini, Kavacare memadukan layanan kesehatan dan layanan psikologis dengan cakupan yang luas. Mulai dari layanan homecare seperti perawatan, terapi rehabilitasi, hingga pendampingan harian lansia. Serta, layanan medical assistance yang membantu masyarakat mendapatkan rekomendasi dokter dan rumah sakit di dalam atau luar negeri sesuai kebutuhan dan kemampuan.
Seluruh layanan ini didukung oleh Care Professional (Care Pro) dan tenaga medis yang profesional, ahli, dan berpengalaman.
"Dengan kesadaran penuh, tua itu pasti, kami hadir di tengah masyarakat untuk mewujudkan masa tua yang sehat, terawat, dan bahagia. Selain itu, kami juga mendukung keluarga untuk mendampingi orang terkasih agar bisa mendapatkan quality time,” ujarnya.
Pada kegiatan bakti sosial ini, dilaksanakan pemeriksaan kesehatan seperti cek gula darah sewaktu, cek tekanan darah, cek kolesterol, pemeriksaan fisik, pemberian obat-obatan, dan konsultasi dokter bagi
lansia.
Editor: Vien Dimyati