Pascapandemi, Rumah Sakit Optimalkan Pelayanan Kesehatan Digital hingga Telemedicine
JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, berbagai rumah sakit mengoptimalkan pelayanan kesehatan secara digitalisasi. Tujuannya untuk memudahkan pasien dan dokter dalam berobat hingga konsultasi.
Dr. Susan Ananda, CEO RS Premier Jatinegara mengatakan, belum lama ini Rumah Sakit Premier Jatinegara menghadiri acara Global Health Asia-Pacific Award 2022 di Bangkok. Acara ini merupakan konferensi dari Rumah Sakit se-Asia Pasifik, sekaligus ajang penganugerahan kepada Rumah Sakit yang berprestasi di Asia Pasifik.
Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan berbagai diskusi dengan para expert di bidang kesehatan, terutama rumah sakit di area Asia Pasifik.
"Mereka datang dari Malaysia, Bangladesh, Vietnam hingga Kamboja dengan passion yang sama dan membahas tentang cara optimizing health provider, atau mencari peluang yang dapat dilakukan untuk tetap memastikan pelayanan di rumah sakit berkesinambungan, khususnya di masa pasca pandemi," ujar dr. Susan melalui keterangannya dikutip pada Jumat (12/8/2022).
Menurut dia, pada acara ini juga terdapat pembahasan tentang bagaimana cara optimize health care services yang mana harus mengikuti hospital market trend post Covid-19.
"Jarak tak lagi jadi masalah yang berarti antara pasien dan health care provider, sehingga untuk saat ini, guna mengoptimalkan pelayanan rumah sakit perlu melakukan digitalisasi, robotic treatment, hingga telemedicine and enlargement," kata dr. Susan.
Di ajang bergengsi ini, RS Premier Jatinegara datang bersama dengan beberapa rumah sakit yang berada di dalam naungan grup Ramsay Sime Darby Health Care. RS Premier Jatinegara berhasil meraih penghargaan dari Global Health Asia-Pacific Award 2022 kategori The Best Hospital of the Year in Indonesia dan sekaligus berkesempatan untuk melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit se-Asia Pasifik.
"Terutama dengan rumah sakit di negara yang tengah berkembang seperti Kamboja, Vietnam dan Myanmar. Di negara tersebut kapasitas pelayanan medisnya semakin membaik," katanya.
Peter Hong, Group Chief Executive Officer Ramsay Sime Darby Health Care mengatakan, penghargaan ini adalah pengakuan regional atas pencapaian layanan kesehatan. "Ini memacu kami untuk terus mencapai yang terbaik bagi pasien" ujar dia.
Editor: Vien Dimyati