4 Penyebab Kaki Kram saat Tidur, Bisa Dicegah dengan Rutin Olahraga

kevi laras ยท Senin, 16 Mei 2022 - 18:17:00 WIB
4 Penyebab Kaki Kram saat Tidur, Bisa Dicegah dengan Rutin Olahraga
Penyebab Kaki Keram saat Tidur. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id -  Mengalami kaki kram saat tidur terkadang tak diduga karena saat itu kondisi tubuh sedang beristirahat. Lantas apa penyebab kaki keram saat tidur? 

Menurut laporan American Family Physician, sebanyak 60 persen orang dewasa dan 7 persen anak-anak mengalami kram kaki di malam hari. Kram kaki umumnya menyerang otot betis, paha, atau sekujur kaki. Ini bisa terjadi di salah satu atau kedua sisi kaki saja.  


Penasaran apa penyebab kaki kram saat tidur. Berikut penjelasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (16/5/2022):

1. Kelelahan Otot

Penyebab kaki keram saat tidur salah satunya kelelahan otot. Melansir Ari Medical News Today, kelelahan otot bisa menjasi penyebab utamanya. Contoh atlet lebih mungkin mengalami kram kaki setelah melakukan aktivitas yang lebih tinggi dari tingkat normal. Bisa juga otot-otot lelah di siang hari dan mungkin lebih cenderung kram di malam hari. Juga bisa  bila kelamaan berdiri menyebabkan kelelahan otot.

2. Usia Lebih Tua

Ketika usia bertambah maka kemungkinan besar akan mengalami kram kaki di malam hari. Ulasan yang diterbitkan dalam jurnal BMC Family Practice mencatat, hingga 33 persen orang di atas 50 tahun mengalami kram kaki nokturnal kronis. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: