Tak Hanya Makanan Sehat, Mental Perlu Dipersiapkan Jelang Puasa

Novie Fauziah ยท Selasa, 30 Maret 2021 - 05:57:00 WIB
Tak Hanya Makanan Sehat, Mental Perlu Dipersiapkan Jelang Puasa
Pola makan sehat dan mental dibutuhkan saat menjalani puasa. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Asupan dan pola makan sehat serta bergizi sangat diperlukan saat puasa. Selain itu mental jadi salah satu yang terpenting untuk menjalani ibadah selama Ramadan nanti. 

"Menyiapkan mental itu sangat penting saat puasa," ujar dr. Tirta Prawita Sari Sp.GK, M.Sc Dokter spesialis gizi, saat webinar Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, belum lama ini. 

Mindset atau pola pikir saat puasa akan berpengaruh terhadap mental, fisik, dan kesehatan lainnya. Sehingga jika pikiran sehat, maka menjalankan ibadahnya pun akan menjadi lebih mudah. Mendapatkan manfaat dari kesehatan, serta berkah dari puasa itu sendiri. 

"Apa yang kita pikirkan adalah apa yang kita siapkan. Apa yang kita berikan selama kita tidak mendapatkan pada saat berbuka, kita harus memastikan diri kita untuk mendapatkan hasil yang optimal agar lebih sehat," ujarnya. 

Lebih jauh dr. Tirta mengatakan, puasa bisa dimanfaatkan untuk mereset atau memperbaiki metabolisme di dalam tubuh. Sebab banyak penelitian menunjukkan, puasa sangat baik dan terdapat manfaat kesehatan. 

"Puasa juga baik untuk memperbaiki metabolisme. Kita memasuki bulan Ramadhan dengan mindset yang baik," tuturnya lagi.

Editor : Dyah Ayu Pamela