Terlanjur Disuntik Vaksin AstraZeneca Batch CMTAV547, Bagaimana Dosis Kedua?

Muhammad Sukardi ยท Selasa, 18 Mei 2021 - 06:10:00 WIB
Terlanjur Disuntik Vaksin AstraZeneca Batch CMTAV547, Bagaimana Dosis Kedua?
Vaksin AstraZeneca. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca batch CMTAV547. Lalu, bagaimana dengan nasib yang sudah menerima vaksin jenis tersebut? 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, untuk mereka yang dosis pertama mendapatkan vaksin AstraZeneca batch CMTAV547 dan bingung bagaimana dosis keduanya, Kemenkes menyarankan untuk terima vaksin dari batch lain yang lebih aman. 

"Kalau vaksinasi dosis pertama terima AstraZeneca batch CMTAV547, maka pada dosis kedua akan terima vaksin AstraZeneca batch yang lain," kata Siti Nadia pada iNews.id melalui pesan singkat, Selasa (18/5/2021). 

Lantas, pertanyaan berikutnya apakah aman menerima vaksin dengan jenis yang berbeda? 

Siti Nadia menegaskan bahwa aman ketika Anda mendapat vaksin jenis berbeda asalkan masih dalam merek yang sama. "Tidak masalah mau terima vaksin Covid-19 batch berbeda dari dosis pertamanya karena sudah dipastikan aman. Asal tetap sama merek vaksinnya," ujar Siti Nadia.

Indonesia sendiri memiliki vaksin AstraZeneca dengan berbagai batch. Selain yang disetop sementara dengan alasan kehati-hatian, vaksin AstraZeneca batch lain dinilai aman dan boleh digunakan. Batch lain itu yaitu ABV5300, ABV3025, dan ABV2856 dan kesemuanya ini aman untuk diberikan ke masyarakat. 

Adapun terkait jarak waktu pemberian dosis pertama dan kedua vaksin AstraZeneca sendiri adalah 12 minggu. Artinya, butuh waktu sekitar 3 bulan dosis kedua diberikan setelah dosis pertama disuntikkan.  

Editor : Dyah Ayu Pamela