Tidur Siang Bagus bagi Kesehatan Jantung, Ini Buktinya

Siska Permata Sari ยท Kamis, 12 September 2019 - 00:02 WIB
Tidur Siang Bagus bagi Kesehatan Jantung, Ini Buktinya

Tidur siang memberikan manfaat bagi kesehatan. (Foto: Mirror)

JAKARTA, iNews.id - Tidur yang cukup merupakan salah satu kiat gaya hidup sehat untuk panjang umur. Ternyata, ini tak sekadar berlaku bagi tidur di malam hari. Tidur siang, rupanya memiliki manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan, tidur siang dalam durasi yang sedang, sebenarnya baik untuk kesehatan jantung Anda. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Heart.

Dalam penelitian tersebut mengungkap, mereka tidur siang sebanyak satu atau dua kali per minggu memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Di antaranya penyakit jantung dan stroke.

Alasannya, kurang tidur menjadi salah satu faktor risiko yang dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan jantung. Lebih lanjut, tidur siang untuk menggantikan tidur malam yang kurang bisa menjadikan ini kebiasaan sehat.

Melansir dari Time, Kamis (12/9/2019), tidur siang dengan durasi singkat tersebut bisa menjadi cara yang berharga untuk menghilangkan stres dan mengimbangi kurang tidur di malam hari. Sehingga hal ini dapat melindungi kesehatan jantung. Namun, tidak ada korelasi yang kuat antara tidur siang yang sering dengan kesehatan jantung.

"Kurang tidur adalah faktor risiko yang diketahui untuk kondisi termasuk obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung, dan tekanan mental," demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Sementara itu, kebanyakan ahli mengatakan, tidur sebentar selama 20 menit sudah cukup untuk mendapatkan manfaat termasuk kesiapan, kinerja, dan suasana hati yang lebih baik.


Editor : Tuty Ocktaviany