Maia Estianty Buka-bukaan Alasannya Vakum di Industri Musik

Siska Permata Sari ยท Rabu, 18 September 2019 - 21:01 WIB
Maia Estianty Buka-bukaan Alasannya Vakum di Industri Musik

Maia Estianty bersama Alvin Adam. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Tak lama setelah menikah dengan pengusaha Irwan Mussry, musisi Maia Estianty memutuskan untuk vakum dari industri musik hingga batas waktu yang belum ditentukan. Karya yang terakhir dia buat sebelum vakum adalah 'Sang Penggoda' yang dinyanyikan oleh Tata Janeeta.

Kabar vakumnya Maia di industri musik tersebut dikonfirmasi langsung olehnya. Dia menyebutkan beberapa alasan mengapa dirinya berhenti sementara di industri musik dan fokus di bisnis, serta mengurus keluarga.

Salah satu yang menjadi alasan adalah lesunya industri musik saat ini di era digital. Pasalnya di era ini, pemusik tak dapat lagi mengandalkan penjualan album untuk pendapatan utama, seperti era CD fisik masih populer.

"Kalau dulu kan jelas ada pembelian CD, kaset, kalau sekarang downloadnya free. Kesadaran manusianya atau pembeli, masih rendah, jadi maunya free download," tutur Maia Estianty usai tapping syuting Alvin & Friends di kediamannya kawasan Pasar Minggu, Selasa 17 September 2019.

Sekarang ini, tambah Maia, pendapatan musisi tergantung dengan penampilan demi penampilan di atas panggung, mulai dari offair hingga on-air. Selain itu, mantan istri Ahmad Dhani ini juga mengungkapkan alasan lainnya vakum di industri musik kepada pembawa acara talkshow Alvin & Friends, Alvin Adam.

Namun, ditanya apakah dia akan kembali ke industri musik, Maia belum tahu jawabannya. "Belum tahu, tergantung mood. Bisa saja (nanti ke depannya)," ucapnya.

Penasaran dengan alasan selengkapnya? Saksikan program Alvin & Friends, Senin 23 September 2019, pukul 21.00 WIB, hanya di iNews.

Editor : Tuty Ocktaviany