Mengenal King of K-Pop G-Dragon yang Tak Pernah Jauh dari Sorotan Fans
Bicara mengenai K-Pop rasanya tak lengkap tanpa menyebutkan nama G-Dragon, seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, produser sekaligus leader dari boy grup BigBang.
Selain ada di industri musik, pemilik nama asli Kwon Ji Yong ini juga mempunyai pengaruh kuat di dunia fesyen. Tak heran dia dijuluki sebagai King of K-Pop.
Nama panggungnya G-Dragon berasal dari nama aslinya, karena Kwon berarti naga dalam bahasa Korea sedangkan G berasal dari Ji-yong.
Karena ulang tahunnya jatuh pada 18 Agustus 1988, dia lahir di tahun naga dan sering menggunakan angka 8 di album dan tanggal debut.
Sebelum berada di bawah agensinya saat ini, rupanya dia lebih dulu training di SM Entertaiment sejak usianya 8 tahun dan pindah ke YG Entertainment pada usia 13 tahun.
G-Dragon mulai karirnya di usia yang sangat muda dan masuk dalam jajaran idol yang menjalani masa training terlama.
Setelah debut bersama BIGBANG pada 2006, GD memulai debut solo pada 2009 dengan album lengkap pertamanya Heartbreaker.
Album tersebut menampilkan kolaborasi dengan beberapa artis YG, termasuk Teddy dari 1TYM, Taeyang, CL dan Sandara Park dari 2NE1.
Butuh waktu empat tahun bagi GD untuk bisa merilis album solo keduanya, Coup D’Etat.
Saat perilisannya, versi digital Coup D’Etat diluncurkan dua kali, yakni pada 2 September 2013 dimana saat itu dirilis lima lagu dan 5 September 2013 untuk merilis tujuh lagu tersisa dari album ini.
Pada 2017, G-Dragon meluncurkan album eponimnya, Kwon Ji-yong, melalui USB yang dirancang dengan tangan, dilapisi tinta merah dengan tulisan tanggal lahir, nama, dan golongan darahnya. Album ini dianggap sebagai karyanya yang paling mengungkapkan jiwa dan pribadinya.
Seperti yang telah disebutkan, sosok GD bukan hanya jenius di musik, ia juga memiliki pengaruh besar di dunia fesyen dengan gayanya yang unik dan menjadi tren.
Tepat setelah dia bebas tugas dari wajib militer, GD meluncurkan kolaborasinya dengan Nike, AIr Force 1 Paranoise Collection, dan terjual habis di seluruh dunia dalam hitungan menit.
Bahkan menurut laporan Allkpop, di China sepatu kolaborasi itu hilang dalam waktu 0,06 detik.
Mengenal king of K-Pop G-Dragon, dia juga merupakan ikon mode dan sering mendapat perhatian karena penampilannya tidak biasa namun terlihat keren. Seperti saat menggunakan klip bulldog, peniti, dan perlengkapan kantor lainnya untuk menyesuaikan penampilannya.
GD akhirnya menjadikan klip bulldog sebagai barang merek dagang dari labelnya sendiri, Peaceminusone.
Editor: Dyah Ayu Pamela