Mengenal Perjalanan K-Pop yang Mendunia, Kini Sudah Masuk Generasi Ke-5
JAKARTA, iNews.id - Tahukah kamu kalau tren musik K-Pop semakin berkembang dan sudah masuk generasi ke-5. Lantas kapan tepatnya gen 5 K-Pop dimulai dan siapa saja bintang-bintang muda di generasi ini.
Tak dipungkiri, industri hiburan Korean Pop (K-pop) memang tidak pernah surut dari sorotan publik. Tak hanya di Indonesia, wabah K-Pop pun mulai merambah ke Hollywood. Bahkan bisa dibilang bintang-bintang K-Pop makin bersinar di Hollywood dan menjadi model iklan produk fashion papan atas.
Sejarah K-Pop idol berawal sejak 1885-an. Kala itu, muncul sebuah genre musik baru di Korea yang disebut changga. Changga adalah sebuah musik dengan alunan instrumental modern seperti gitar, drum, flute, dan sejenisnya. Musik changga ini adalah adaptasi dari pop barat menggunakan lirik Bahasa Korea.
Memasuki era 2000-an K-Pop semakin terkenal di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. K-Pop dapat sangat terkenal karena memiliki karakteristik yang unik dan membedakan dengan musik negara lain.
Dilansir dari berbagai sumber, sebelum dapat menjadi grup idol yang sangat besar, para anggota grup K-Pop harus melalui masa pelatihan selama bertahun-tahun. Latihan tersebut berupa vokal, koreografi, bahkan public speaking. Hal itu dilakukan sebagai persiapan tampil di muka umum dan di depan panggung. Seluruh anggota grup harus memiliki kemampuan dan kepribadian yang baik, serta penampilan yang menarik.
Gaya busana grup idol K-Pop sangat unik dan berbeda dengan yang lainnya. Gaya-gaya yang digunakan biaanya adalah baju elegan, street wear, hingga baju dengan tema-tema tertentu. Bahkan setiap kali konser, gaya berpakaian para idol akan berbeda.
Salah satu karakteristik dari K-Pop adalah anggota grup yang banyak. Hal ini dilakukan agar para penggemar dapat memilih idolanya masing-masing. Kini memasuki 2023, Gen 5 K-Pop makin dikenal. Melansir dari laman Allkpop, Kamis (27/7/2023) generasi ke-5 Kpop salah satunya ZEROBASEONE yang akhirnya debut pada 10 Juli 2023 dengan mini album berjudul Youth in The Shade. Grup asuhan WAKEONE Entertainment ini terdiri dari 9 laki-laki. Idol Kpop yang juga dikenal sebagai ZB1 ini akan aktif selama 2,5 tahun.
Berkaca dari sejarah K-Pop yang dinamis, Coca-Cola memberikan kesempatan istimewa kepada para penggemar K-Pop untuk menjalani tur inklusif ke Seoul, Korea Selatan. Lewat K-Pop Epic Promo bisa dilihat bagaimana perjalanan musik dan budaya Korea yang telah merebut hati jutaan orang di seluruh dunia. K-Pop Epic Promo memberikan pengalaman terbaik bagi pecinta musik dan penggemar K-Pop.
"Kami menyadari pentingnya musik dalam kehidupan konsumen Gen-Z yang memiliki vibe unik. Mereka selalu mengikuti tren terbaru dan sangat dekat dengan musik, baik ketika mereka sedang merayakan sesuatu, bersenang-senang, atau sekadar bersantai. Musik dan budaya Korea telah merebut hati jutaan orang di seluruh dunia, dan melalui K-Pop Epic Promo, kami berupaya untuk memberikan pengalaman K- Pop terbaik" kata Grant Davidson Frontline Marketing Director Indonesia belum lama ini.
Yudha Prayoga, salah satu pemenang K-Pop Epic Promo mengatakan beruntung bisa mengetahui sejarah musik di negeri Gingseng. Dia bisa menjelajahi semarak dunia budaya pop Korea, objek wisata populer Hallyu, menikmati makeover ala K-Pop, dan menghadiri Festival K-Pop spektakuler yang akan menampilkan beragam artis ternama dan grup idola yang tengah naik daun.
Editor: Elvira Anna