Tak Banyak Orang Tahu, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengirim CV Lamaran Kerja

Novie Fauziah · Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:34:00 WIB
Tak Banyak Orang Tahu, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengirim CV Lamaran Kerja
Podcast Aksi Nyata membahas soal membuat CV yang benar. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Membuat CV untuk melamar pekerjaan adalah hal yang patut diperhatikan oleh para fresh graduate. Bila ingin segera dipanggil, cobalah hindari kesalahan ini saat membuat CV.

Memang tak semua lamaran kerja dilirik, dan dianggap menarik oleh Human Resources (HR) atau perekrut. Psikolog Industri Organisasi, Endro Puspo Wiroko mengatakan, terkadang ada beberapa kesalahan yang tidak disadari oleh si pelamar kerja.

"Proses seleksi paling awal ada di CV, berarti CV-nya harus tepat. Sebenarnya ini mengcover semua prosesi lamaran kerja," katanya dalam podcast Aksi Nyata di channel YouTube Partai Perindo, Sabtu (21/5/2022).

Menurut Endro, ada tiga poin penting yang harus diperhatikan para kandidat dalam pembuatan CV. Pertama, kesesuain dalam pekerjaannya. Kedua, kebudayaan organisasinya dulu, kemudian ketiga adalah sejauh apa orang ini mau menyesuaikan diri (adaptasi).

Endro melanjutkan, terkadang kandidat yang awalnya terlihat tidak cocok dengan bidang yang di lamar di perusahaan, malah seiring berjalannya waktu bisa jadi orang paling tepat.

"Kadang di awal dia bukan kandidat terbaik sebenarnya. Tapi berjalan proses, kayaknya yang ini aja deh," ujarnya.

Endro bilang, saat proses rekrutmen terjadi maka HR tidak menyortir satu persatu CV yang masuk. Sebab pelamar yang mengirimkan portofolionya bisa mencapai ribuan, dan HR sendiri hampir tidak pernah membaca satu persatu penjabaran di dalamnya.

Untuk itu, Endro menyarankan, agar para pelamar mengirimkan CV tidak perlu terlalu tebal. Cukup menuliskan hal-hal yang pentingnya saja, khususnya pengalaman atau prestasi yang ingin ditonjolkan. Terlebih dalam bidang atau posisi dilamarnya.

"Jadi, jika melamar ke bidang yang tidak sesuai jurusan tidak perlu banyak menjabarkan. Agar HR tahu latar belakangnya secara jelas," katanya.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: