JAKARTA, iNews.id- Inilah lirik sholawat Aqidatul Awam dan juga terjemahannya. Sholawat itu ditulis oleh Syekh Ahmad Marzuki al-Maliki.
Bagi yang membaca sholawat tersebutdiyakini akan merasakan ketentraman jiwa. Di dalam sholawat tersebut berisi sifat wajib bagi Allah dam Rasul.
Amazing Quran 2025: Dedikasikan untuk Memberantas Buta Aksara Al-Qurâan
Dilansir dari Celebrities.id, inilah Lirik sholawat Aqidatul Awam.
Lirik Sholawat Aqidatul Awam
Abdau bismillahi wa rohmani – wa birohimi daimil ihsani
Lirik Sholawat Isyfa Lana-Habib Syech, Arab, Latin, dan Artinya
(Saya memulai dengan nama Allah, Zat yang Maha Pengasih, dan Maha Penyayang yang senantiasa memberikan kenikmatan tiada putusnya.)
فَالْحَـمْـدُ ِللهِ الْـقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ * اَلآخِـرِ الْبَـاقـِيْ بِلاَ تَحَـوُّلِ
Lirik Sholawat Busyrolana: Ya Nafsuti Bibiliqo, Arab, Latin, dan Artinya
Falhamdulillahil qodimil awali – al akhiril baqi bila tahawuli
(Maka segala puji bagi Allah Yang Maha Dahulu, Yang Maha Awal, Yang Maha Akhir, Yang Maha Tetap tanpa ada perubahan.)
Bacaan Sholawat Syifa: Arab, Latin, dan Artinya Lengkap dengan Keutamaan
ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَـرْمَدَا * عَلَى الـنَّـبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا
Tsuma sholatu wassalamu sarmada – ‘ala nabiyi khoiri man qod wahada
Lirik Sholawat Badar, Lengkap Teks Arab-Latin dan Artinya
(Kemudian, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan pada Nabi sebaik-baiknya orang yang meng-Esakan Allah.)
وَآلِهِ وَصَـحْبِهِ وَمَـنْ تَـبِـعْ * سَـبِيْلَ دِيْنِ الْحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ
Wa alihi washohbihi waman tabi’ – sabiladinil haqi ghoiro mubtadi
(Dan keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan agama secara benar bukan orang-orang yang berbuat bid’ah)
وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَـهْ * مِنْ وَاجِـبٍ ِللهِ عِشْـرِيْنَ صِفَهْ
Waba’du fa’lam bi wujubil ma’rifah – min wajibi lillahi ‘isrina shifah
(Dan setelahnya Ketahuilah dengan yakin bahwa Allah itu mempunyai 20 sifat wajib.)
فَاللهُ مَوْجُـوْدٌ قَـدِيْمٌ بَاقِـي * مُخَالـِفٌ لِلْـخَـلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ
Fallohu maujudun qodimun baqi – mukholiful lilkholqi bil itlaqi
(Allah itu Ada, Qodim, Baqi dan berbeda dengan makhluk-Nya secara mutlak.)
وَقَـائِمٌ غَـنِيْ وَوَاحِـدٌ وَحَيّ * قَـادِرْ مُـرِيْـدٌ عَـالِمٌ بِكُلِّ شَيْ
Waqoimun ghoni wa wahidun wahay – qodir muridun ‘alimun biqulisyai
(Berdiri sendiri, Maha Kaya, Maha Esa, Maha Hidup, Maha Kuasa, Maha Menghendaki, Maha Mengetahui atas segala sesuatu.)
سَـمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُتَكَلِّـمُ * لَهُ صِـفَاتٌ سَـبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ
Sami’unil bashiru wal mutakalimu – lahu shifatun sab’atun tantadhimu
(Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Berbicara, Allah mempunyai 7 sifat yang tersusun.)
فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ * حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ
Faqud rotun irodatun sam’un bashor – hayatunil ‘ilmu kalamu nistamar
(yaitu Berkuasa, Menghendaki, Mendengar, Melihat, Hidup, Mempunyai Ilmu, Berbicara secara terus berlangsung.)
وَجَائـِزٌ بِـفَـضْـلِهِ وَ عَدْلِهِ * تَـرْكٌ لـِكُلِّ مُمْـكِـنٍ كَفِعْلِهِ
Wajaizun bifadhlihi wa’adlihi – tarkullikuli mumkinin kafi’lihi
(Dengan karunia dan keadilan-Nya, Allah memiliki sifat boleh (wenang) yaitu boleh mengerjakan sesuatu atau meninggalkannya.)
أَرْسَـلَ أَنْبِيَا ذَوِي فَـطَـانَـهْ * بِالصِّـدْقِ وَالتَـبْلِـيْغِ وَاْلأَمَانَهْ
Arsala ambiya dawi fatonah – bishidqi wattablighi wal amanah
(Allah telah mengutus para nabi yang memiliki 4 sifat yang wajib yaitu cerdas, jujur, menyampaikan (risalah) dan dipercaya.)
وَجَـائِزٌ فِي حَـقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ * بِغَيْـرِ نَقْصٍ كَخَـفِيْفِ الْمَرَضِ
Waja-izun fi haqihim min ‘arodhi – min ghoiri naqshin kakhofi fil marodhi
(Dan boleh di dalam hak Rosul dari sifat manusia tanpa mengurangi derajatnya, misalnya sakit yang ringan.)
‘ismatuhum kasairil malaikat – wajibatun wa fadholul malaikat
(Mereka mendapat penjagaan Allah (dari perbuatan dosa) seperti para malaikat seluruhnya. (Penjagaan itu) wajib bahkan para Nabi lebih utama dari para malaikat.)
وَالْمُسْـتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ * فَاحْفَظْ لِخَمْسِـيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ
Wal mustahilu dhidu kulli wajibi – fahfadh likhomsina bihukmin wajibi
(Dan sifat mustahil adalah lawan dari sifat yang wajib maka hafalkanlah 50 sifat itu sebagai ketentuan yang wajib.)
تَفْصِيْلُ خَمْسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ * كُـلَّ مُـكَلَّـفٍ فَحَقِّقْ وَاغْـتَنِمْ
Tafshilu khomsatin wa ‘isrina lazim – kula mukalafin fahaqqiq waghtanim
(Adapun penjabaran nama para Rosul ada 25 itu wajib diketahui bagi setiap mukalaf, maka yakinilah dan ambillah keuntungannya.)
هُمْ آدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُـوْدُ مَعْ * صَالِـحْ وَإِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ
Hum adamun idrisun nuhun hudu ma’ – sholih wa ibrohimu kullu mutaba’
(Mereka adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud serta Sholeh, Ibrahim (yang masing-masing diikuti berikutnya)
لُوْطٌ وَاِسْـمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا * يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى
Luthun wa isma’ilu ishaqu kadza – ya’qubu yusufu wa ayubuhtadza
(Luth, Ismail dan Ishaq demikian pula Yaqub, Yusuf dan Ayyub dan selanjutnya.)
شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْيَسَعْ * ذُو الْكِـفْلِ دَاوُدُ سُلَيْمَانُ اتَّـبَعْ
Syu’aibu harunu wamusa wal yasa’ – dzulkifli dawudu sulaimanuttaba’
(Syuaib, Harun, Musa dan Alyasa’, Dzulkifli, Dawud, Sulaiman yang diikuti.)
إلْيَـاسُ يُوْنُسْ زَكَرِيـَّا يَحْيَى * عِيْسَـى وَطَـهَ خَاتِمٌ دَعْ غَـيَّا
Ilyasu yunusu zakariya yahya – ‘isa wa thoha khotimun da’ ghoya
(Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa dan Thaha (Muhammad) sebagai penutup, maka tinggalkanlah jalan yang menyimpang dari kebenaran)
عَلَـيْهِمُ الصَّـلاَةُ وَالسَّـلاَمُ * وَآلِـهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ
‘alaihimu sholatu wasalamu – wa alihi madamatil ayamu
(Semoga shalawat dan salam terkumpulkan pada mereka dan keluarga mereka sepanjang masa.)
وَالْمَـلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ * لاَ أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلاَ نَوْمَ لَـهُمْ
Wal malakuladzi bila abi wa um – la aklala syurba wala nauma lahum
(Adapun para malaikat itu tetap tanpa bapak dan ibu, tidak makan dan tidak minum serta tidak tidur.)
تَفْـصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِبْرِيْلُ * مِـيْـكَـالُ اِسْـرَافِيْلُ عِزْرَائِيْلُ
Tafshilu ‘asyrimmihumu jibrilu – mikalu isrofilu ‘izroilu
(Secara terperinci mereka ada 10, yaitu Jibril, Mikail, Israfil, dan Izrail.)
مُنْـكَرْ نَكِـيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا * عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْوَانُ احْتَـذَى
Munkar nakirun wa roqibun wakadza – ‘atidun malikun waridhwa nuhtada
(Munkar, Nakiir, dan Roqiib, demikian pula ‘Atiid, Malik, dan Ridwan dan selanjutnya.)
أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِيْلُهَا * تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْهُدَى تَـنْـزِيْلُهَا
Arba’atun min kutubin tafsiluha – taurotu musa bil huda tanziluha
(Empat dari Kitab-kitab Suci Allah secara terperinci adalah Taurat bagi Nabi Musa diturunkan dengan membawa petunjuk.)
زَبُـوْرُ دَاوُدَ وَاِنْجِـيْـلُ عَلَى * عِيْـسَى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ
Zaburu dawuda wa injilu ‘ala – ‘isma wafurqonu khoiril mala
(Zabur bagi Nabi Dawud dan Injil bagi Nabi Isa dan Al-Qur’an bagi sebaik-baik kaum (Nabi Muhammad SAW))
وَصُحُـفُ الْخَـلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ * فِيْهَـا كَلاَمُ الْـحَـكَمِ الْعَلِـيْمِ
Wa shuhuful kholili wal kalami – fiha kalamul hakamil ‘alimi
(Dan lembaran-lembaran (Shuhuf) suci yang diturunkan untuk Al-Kholil (Nabi Ibrohim) dan Al-Kaliim (Nabi Musa) mengandung Perkataan dari Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui.)
وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُـوْلُ * فَحَـقُّـهُ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَبُوْلُ
Wakuluma ata bihi rosulu – fahaqquhu taslimu wal qobulu
(Dan segala apa-apa yang disampaikan oleh Rasulullah, maka kita wajib pasrah dan menerima.)
إِيْـمَـانُنَا بِـيَوْمِ آخِرٍ وَجَبْ * وَكُلِّ مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَجَبْ
Imanuna biyaumi akhhirin wajab – wakuli ma kana bihi minal ‘ajab
(Keimanan kita kepada Hari Akhir hukumnya wajib, dan segala perkara yang dahsyat pada Hari Akhir.)
خَاتِمَةٌ فِي ذِكْرِ بَاقِي الْوَاجِبِ * مِمَّـا عَـلَى مُكَلَّفٍ مِنْ وَاجِبِ
Khotimatun fi dzikri baqil wajibi – mima ‘ala mukalafin min wajibi
(Sebagai penutup untuk menerangkan ketetapan yang wajib, dari hal yang menjadi kewajiban bagi mukalaf.)
نَبِـيُّـنَا مُحَمَّدٌ قَدْ أُرْسِــلاَ * لِلْـعَالَمِـيْـنَ رَحْـمَةً وَفُضِّلاَ
Nabiyuna muhammadun qod ursila – lil ‘alamina rohmatan wa fudhila
(Nabi kita Muhammad telah diutus untuk seluruh alam sebagai Rahmat dan keutamaan diberikan kepada beliau SAW melebihi semua.)
أَبـُوْهُ عَبْدُ اللهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ * وَهَاشِـمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَنْتَسِـبْ
Abuhu ‘abdullohi ‘abdul mutholib – wa hasyimun ‘abdu manafin yantasib
(Ayahnya bernama Abdullah putra Abdul Mutalib, dan nasabnya bersambung kepada Hasyim putra Abdu Manaf.)
وَأُمُّـهُ آمِـنَةُ الـزُّهْــرِيـَّهْ * أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْمَـةُ السَّـعْدِيـَّهْ
Wa ummuhu aminatu zuhriyyah – ardho’athu halimatu sa’diyyah
(Dan ibunya bernama Aminah Az-Zuhriyah, yang menyusui beliau adalah Halimah As-Sadiyyah.)
مَوْلـِدُهُ بِمَـكَّـةَ اْلأَمِيْــنَهْ * وَفَاتُـهُ بِـطَـيْـبَةَ الْـمَدِيْنَهْ
Mauliduhu bimakatal aminah – wafatuhu bithoibatal madinah
(Lahirnya di Makkah yang aman, dan wafatnya di Toyibah (Madinah).)
أَتَـمَّ قَـبْـلَ الْـوَحْيِ أَرْبَعِيْنَا * وَعُـمْـرُهُ قَدْ جَاوَزَ السِّـتِّيْنَا
Atama qoblal wahyi arba’ina – wa ‘umruhu qodjawaza sitinah
(Sebelum turun wahyu, nabi Muhammad telah sempurna berumur 40 tahun, dan usia beliau 60 tahun lebih.)
وَسَـبْـعَةٌ أَوْلاَدُهُ فَمِـنْـهُمُ * ثَلاثَـةٌ مِـنَ الذُّكـُوْرِ تُـفْهَمُ
Wa sab’atun auladuhu faminhumu – tsalatsatun mina dzukuri tufhamu
(Ada 7 orang putra-putra nabi Muhammad, di antara mereka 3 orang laki-laki, maka pahami itu.)
قَاسِـمْ وَعَبْدُ اللهِ وَهْوَ الطَّيِّبُ * وَطَاهِـرٌ بِذَيْـنِ ذَا يُـلَـقَّبُ
Qosim wa ‘abdullohi wahwa thoyibu – wathohirun bidzaini dza yulaqobu
(Qasim dan Abdullah yang bergelar At-Thoyyib dan At-Thohir, dengan 2 sebutan inilah (At-Thoyyib dan At-Thohir) Abdullah diberi gelar.)
أَتَاهُ إبْرَاهِـيْـمُ مِنْ سُـرِّيـَّهْ * فَأُمُّـهُ مَارِيَّةُ الْـقِـبْـطِـيَّـهْ
Atahu ibrohimu min surriyah – fa ummuhu mariyatul qibtiyah
(Anak yang ketiga bernama Ibrohim dari Sariyyah (Amat perempuan), ibunya (Ibrohim) bernama Mariyah Al-Qibtiyyah.)
وَغَيْـرُ إِبْرَاهِيْمَ مِنْ خَـدِيْجَهْ * هُمْ سِتَـةٌ فَخُـذْ بِهِمْ وَلِـيْجَهْ
Wa ghoiru ibrohima min khodzijah – hum sittatun fakhud bihim walijah
(Selain Ibrohim, ibu putra-putri Nabi Muhammad berasal dari Khodijah, mereka ada 6 orang (selain Ibrahim), maka kenalilah dengan penuh cinta.)
وَأَرْبَعٌ مِـنَ اْلإِنَاثِ تُـذْكَـرُ * رِضْـوَانُ رَبِّي لِلْجَمِـيْعِ يُذْكَرُ
Wa arba’un minal inatsi tudzkaru – ridhwanu robbi liljami’I yudzkaru
(Dan 4 orang anak perempuan Nabi akan disebutkan, semoga keridhaan Allah untuk mereka semua.)
فَاطِـمَـةُ الزَّهْرَاءُ بَعْلُهَا عَلِيْ * وَابْنَاهُمَا السِّـبْطَانِ فَضْلُهُمُ جَلِيْ
Fatimatu zahroi ba’luha ‘ali – wabnahuma sibthoini fadhluhum jail
(Fathimah Azzahro yang bersuamikan Ali bin Abi Tholib, dan kedua putra mereka (Hasan dan Husein) adalah cucu Nabi yang sudah jelas keutamaannya.)
فَزَيْـنَبٌ وَبَعْـدَهَـا رُقَـيَّهْ * وَأُمُّ كُـلْـثُـومٍ زَكَـتْ رَضِيَّهْ
Fa zainabun wa ba’daha riqoyah – wa ummu kultsumin zakat rodhiyyah
(Kemudian Zaenab dan selanjutnya Ruqayyah, dan Ummu Kultsum yang suci lagi diridai.)
عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ وَفَاةُ الْمُصْطَفَى * خُيِّـرْنَ فَاخْتَرْنَ النَّـبِيَّ الْمُقْتَفَى
‘an tis’I niswatin wa faatul mushthofa – khuyyirna fakhtarna nabiyal mushthofa
(Dari 9 istri Nabi ditinggalkan setelah wafatnya, mereka semua telah diminta memilih surga atau dunia, maka mereka memilih nabi sebagai panutan.)
عَائِشَـةٌ وَحَفْصَـةٌ وَسَـوْدَةُ * صَـفِيَّـةٌ مَـيْـمُـوْنَةٌ وَ رَمْلَةُ
‘aisatun wa hafshotun wa saudah – shofiyatun maimunatun wa romlah
(‘Aisyah, Hafshah, dan Saudah, Shofiyyah, Maimunah, dan Romlah.)
هِنْدٌ وَ زَيْـنَبٌ كَذَا جُوَيـْرِيَهْ * لِلْمُـؤْمِـنِيْنَ أُمَّـهَاتٌ مَرْضِـيَّهْ
Hindun wa zainabun kadza juwairiyah – lil mukminina ummahatun mardhiyyah
(Hindun dan Zaenab, begitu pula Juwairiyyah, Bagi kaum mukmin mereka menjadi ibu-ibu yang diridai.)
حَمْـزَةُ عَمُّـهُ وعَـبَّاسٌ كَذَا * عَمَّـتُـهُ صَـفِيَّـةٌ ذَاتُ احْتِذَا
Hamzatun ‘ammahu wa ‘abbasu kadza – ‘ammatuhu shofiyyatun dzatuhtidza
(Hamzah adalah Paman Nabi demikian pula ‘Abbas, Bibi Nabi adalah Shofiyyah yang mengikuti Nabi.)
وَقَبْـلَ هِجْـرَةِ النَّـبِيِّ اْلإِسْرَا * مِـنْ مَـكَّةَ لَيْلاً لِقُدْسٍ يُدْرَى
Wa qobla hijroti nabiyyil isro – min makatin lailan liqudsin yudro
(Dan sebelum Nabi Hijrah (ke Madinah), terjadi peristiwa Isro’. Dari Makkah pada malam hari menuju Baitul Maqdis yang dapat dilihat.)
وَبَعْدَ إِسْـرَاءٍ عُرُوْجٌ لِلسَّـمَا * حَتَّى رَأَى النَّـبِيُّ رَبًّـا كَـلَّمَا
Wa ba’da isroin ‘urujun lissama – hatta roa nabiyyu rubban kullama
(Setelah Isro’ lalu Mikraj (naik) ke atas sehingga Nabi melihat Tuhan yang berkata-kata.)
مِنْ غَيْرِكَيْفٍ وَانْحِصَارٍ وَافْـتَرَضْ * عَلَيْهِ خَمْسًا بَعْدَ خَمْسِيْنَ فَرَضْ
Min ghoiri kaifin wanhishorin waftaridh – ‘alaihi khomsan ba’da khomsina farodh
(Berkata-kata tanpa bentuk dan ruang. Di sinilah diwajibkan kepadanya (salat) 5 waktu yang sebelumnya 50 waktu.)
وَبَـلَّـغَ اْلأُمَّـةَ بِاْلإِسْــرَاءِ * وَفَـرْضِ خَـمْـسَةٍ بِلاَ امْتِرَاءِ
Wa balaghil ummata bil isroi – wa fardhi khomsatin bilamtiroi
(Dan Nabi telah menyampaikan kepada umat peristiwa Isro’ tersebut. Dan kewajiban salat 5 waktu tanpa keraguan.)
قَدْ فَازَ صِـدِّيْقٌ بِتَصْـدِيْقٍ لَهُ * وَبِالْعُرُوْجِ الصِّـدْقُ وَافَى أَهْلَهُ
Qod faza shiddiqun bitashdiqin lahu – wa bil ‘uruji shidqu wa fa ahlahu
(Sungguh beruntung sahabat Abu Bakar As-Shiddiq dengan membenarkan peristiwa tersebut, juga peristiwa Mikraj yang sudah sepantasnya kebenaran itu disandang bagi pelaku Isra’ Mikraj.)
وَهَـذِهِ عَقِيْـدَةٌ مُخْـتَصَرَهْ * وَلِلْـعَـوَامِ سَـهْـلَةٌ مُيَسَّرَهْ
Wa hadihi ‘aqidatun mukhtashoroh – wa lil’awamili sahlatun muyassaroh
(Inilah keterangan Aqidah secara ringkas bagi orang-orang awam yang mudah dan gampang.)
نَاظِمُ تِلْكَ أَحْـمَدُ الْمَرْزُوْقِيْ * مَنْ يَنْتَمِي لِلصَّـادِقِ الْمَصْدُوْقِ
Nadhimu tilka ahmadul marzuqi – man yantami lishodiqil mashduqi
(Yang di nadhomkan oleh Ahmad Al Marzuqi, seorang yang bernisbat kepada Nabi Muhammad (As-Shodiqul Mashduq))
وَالْحَمْدُ ِللهِ وَصَـلَّى سَـلَّمَا * عَلَـى النَّبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ عَلَّـمَا
Walhamdu lillahi washolla sallama – ‘ala nabiyyu khoiri man qod ‘allama
(Dan segala puji bagi Allah serta Shalawat dan Salam tercurahkan kepada Nabi sebaik-baik orang yang telah mengajar.)
وَاْلآلِ وَالصَّـحْبِ وَكُلِّ مُرْشِدِ * وَكُلِّ مَـنْ بِخَيْرِ هَدْيٍ يَقْتَدِيْ
Wal ali wa shohbi wakulli mursyidi – wakuli man bikhoirin hadyin yaqtadi
(Juga kepada keluarga dan sahabat serta orang yang memberi petunjuk dan orang yang mengikuti petunjuk.)
وَأَسْـأَلُ الْكَرِيْمَ إِخْلاَصَ الْعَمَلْ * ونَفْعَ كُلِّ مَنْ بِهَا قَدِ اشْـتَغَلْ
Wa as alul karima ikhlashol ‘amal – wa naf’a kulla man biha qodisytaghol
(Dan saya mohon kepada Allah yang Maha Pemurah keikhlasan dalam beramal dan manfaat bagi setiap orang yang berpegang teguh pada aqidah ini.)
أَبْيَاتُهَا ( مَيْـزٌ ) بِـعَدِّ الْجُمَلِ * تَارِيْخُهَا ( لِيْ حَيُّ غُرٍّ ) جُمَلِ
Abyatuha maizun bi ‘addil jumali – tarikhuha li hayyu ghurrin jumali
(Nadhom ini ada 57 bait dengan hitungan abjad, tahun penulisannya 1258 Hijriah.)
سَـمَّيْـتُهَا عَـقِـيْدَةَ الْعَوَامِ * مِـنْ وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَّمَامِ
Sammaituha ‘aqidatal ‘awama – min wajibin fiddiini bittamaali
(Aku namakan aqidah ini Aqidatul Awam, keterangan yang wajib diketahui dalam urusan agama dengan sempurna.)
Itulah lirik Sholawat Aqidatul Awam. Semoga bermanfaat!
Editor: Komaruddin Bagja
- Sumatra
- Jawa
- Kalimantan
- Sulawesi
- Papua
- Kepulauan Nusa Tenggara
- Kepulauan Maluku