4 Fakta Menarik Titiek Puspa, Ikut Keliling Dunia Bersama Presiden Soekarno

Siska Permata Sari · Minggu, 20 Juni 2021 - 19:30:00 WIB
4 Fakta Menarik Titiek Puspa, Ikut Keliling Dunia Bersama Presiden Soekarno
Titiek Puspa artis era 1950-an yang masih eksis hingga saat ini. (Foto: Instagram/Titiek Puspa)

JAKARTA, iNews.id - Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan nama Titiek Puspa. Seorang musisi sekaligus aktris senior yang telah berkecimpung di industri hiburan sejak 1952, mekar di era 1960-an, dan masih eksis hingga sekarang.
 
Selama berkarier di industri tersebut, Titiek Puspa telah mengeluarkan karya-karya musik legendaris yang tak lekang oleh waktu. Sampai saat ini, lagu-lagunya kerap diputar atau dinyanyikan di berbagai tempat.
 
Beberapa karya populer yang ikonik dari seorang Titiek Puspa adalah lagu Si Hitam dari album berjudul sama. Lalu ada lagu Apanya Dong yang dinyanyikan dan dipopulerkan oleh lady rocker 1980-an, Euis Darliah, serta single Kupu-kupu Malam.
 
Di samping kariernya sebagai artis, perempuan kelahiran 1 November 1937 ini juga merupakan seorang istri dari pemusik Indonesia Mus Mualim, ibu dari dua orang anak, dan nenek dari cucu-cucu serta cicit-cicitnya. Berikut fakta-fakta Titiek Puspa, dirangkum pada Minggu (20/6/2021).
 
1. Titiek Puspa bukan nama asli
Populer dengan nama Titiek Puspa, tak banyak yang tahu bawa itu bukanlah nama aslinya. Perempuan 83 tahun ini sebenarnya memiliki nama lahir Sudarwati. Keluarganya kemudian mengganti namanya menjadi Kadarwati dan akhirnya menjadi Sumarti. Namun, saat di industri hiburan, dia memilih nama Titiek Puspa sebagai nama tenarnya. Titiek Puspa berasal dari Titiek yang merupakan nama panggilannya sehari-hari dan Puspa dari 'Puspo', yang merupakan nama ayahnya, Tugeno Puspowidjojo.  
 
2. Pernah menjadi penyanyi Istana
Tak hanya sering wara-wiri di layar kaca dan layar lebar, Titiek Puspa ternyata pernah menjadi seorang penyanyi Istana pada era 1960-an. Saat itu, pelantun lagu Si Hitam tersebut ditawari langsung oleh Presiden Soekarno. Dia juga sempat diajak keliling dunia selama 40 hari bersama sang presiden dan sejumlah pemusik lainnya.
 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2