Apa Itu Brioni, Brand Fashion yang Viral gegara Nikita Willy?
JAKARTA, iNews.id - Artis Nikita Willy menggegerkan publik gegara thrifting di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Di momen itu, dia menemukan kemeja Brioni yang harga aslinya bisa tembus Rp14 jutaan.
Namun, Nikita Willy bisa mendapatkan kemeja Brioni dengan harga hanya Rp50 ribu. Ya, itu karena kemeja sudah pernah dipakai sebelumnya alias pakaian bekas.
Meski begitu, dari tayangan video viral, kemeja Brioni yang dibeli Nikita Willy terlihat masih layak pakai. Jadi, dengan harga Rp50 ribu untuk kemeja Brioni bekas, ini masih sangat 'worth it' untuk dimiliki.
Usai video ini viral, banyak netizen yang akhirnya jadi tahu ada brand fashion namanya Brioni. Untuk Anda yang penasaran dengan jenama mode ini, berikut ulasan selengkapnya.

Menurut laman resmi Brioni, brand ini didirikan di Roma, Italia pada tahun 1945 oleh Nazareno Fonticoli (master tailor) dan Gaetano Savini (wirausahawan) di Via Barberini 79.
Nama Brioni diambil dari nama pulau di Kroasia yaitu Pulau Brijuni. Pulau ini sangat populer sebagai destinasi jet-set Eropa pada awal abad ke-20.
Di tahun 1952, Brioni mencatat sejarah dengan menggelar pertunjukan busana pria pertama di dunia di Sala Bianca, Palazzo Pitti, Florence. Momen ini juga yang menjadi pemicu fenomena 'Peacock Revolution' dalam menswear.
Beberapa laman fashion ternama dunia menilai sutra siap-pakai yang dipakai brand ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia, karena dianggap setara dengan couture.
Selain itu, Brioni juga dianggap sebagai inovator trunk show dan layanan made-to-measure. Hal lain yang identik dengan Brioni adalah tailoring ikonik Hollywood.
Banyak selebritas era 1950-an seperti Clark Gable, John Wayne, hingga Cary Grant menggunakan koleksi brand ini. Bahkan, Marcello Mastroianni menjadi ikon gaya Brioni setelah kemunculannya di film La Dolce Vita.
Brioni tidak hanya dikenal dengan setelan, tapi juga ada lini parfum eksklusif seperti Good Luck dan Eau de Parfum Intense. Bahkan, brand tersebut telah merambah ke lini aksesori mewah seperti dasi, sepatu, dan perhiasan kecil.
"Brioni kini dimiliki oleh grup Kering sejak 2011. Meski begitu, brand tersebut tetap mempertahankan identitasnya sebagai simbol tailoring Italia eksklusif," ungkap laman Kering, dikutip Kamis (24/7/2025).
Berkat segudang keistimewaan itu, tidak heran kalau brand Brioni dikenal oleh para tokoh penting dunia bersama brand lain seperti Zegna dan Brunello Cucinelli.
Jadi, itu dia penjelasan mengenai brand Brioni yang viral gegara Nikita Willy menemukan kemejanya di Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Editor: Muhammad Sukardi