Didi Kempot Raih Billboard Indonesia Lifetime Achievement Award

Siska Permata Sari ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 00:21 WIB
Didi Kempot Raih Billboard Indonesia Lifetime Achievement Award

Didi Kempot berhasil meraih Billboard Indonesia Lifetime Achievement Award. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Penyanyi asal Surakarta, Didi Kempot akhirnya meraih Lifetime Achievement Award di Billboard Indonesia Music Awards 2020. Hal tersebut berkat dedikasinya selama ini di industri musik, terutama musik campursari, hingga kini musik-musiknya dicintai berbagai kalangan termasuk anak-anak muda.

Tidak hanya meramaikan panggung Billboard Indonesia Music Awards 2020 dan sempat berduet dengan Isyana Sarasvati, tetapi pria yang dijuluki ‘Godfather of Broken Heart’ tersebut juga meraih sebuah penghargaan khusus dari Billboard Indonesia, yaitu Lifetime Achievement Award.

Dia mengatakan, penghargaan tersebut untuk para seniman tradisional yang ada di Indonesia, serta tidak lelah melestarikan seni-seni termasuk musik tradisional.

“Terima kasih tentunya buat Billboard Indonesia dan RCTI, tentunya juga untuk sobat ambyar. Kempoters, sad boy, sad girl. Penghargaan ini untuk para seniman tradisional Indonesia,” tutur pelantun ‘Stasiun Balapan’ itu di atas panggung Billboard Indonesia Music Awards 2020, Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (26/2/2020).

Penghargaan Lifetime Achievement Award tersebut diberikan oleh pembaca penghargaan Najwa Shihab dan Aldo Sianturi dari Billboard Indonesia. Publik mengenal Didi Kempot sebagai maestro campursari dan penulis lagu yang populer, dia memulai kariernya sebagai musisi jalanan di Kota Surakarta sejak 1984 hingga 1986, kemudian mengadu nasib ke Jakarta pada 1987 hingga 1989.

Nama panggung Didi Kempot merupakan singkatan dari Kelompok Pengamen Trotoar, grup musik asal Surakarta yang membawa dia hijrah ke Jakarta.

Kini, Didi Kempot banyak diminati oleh kalangan muda dari berbagai daerah yang menyebut diri mereka sebagai sadboys dan sadgirls yang tergabung dalam "sobat ambyar" dan mendaulat Didi Kempot sebagai "Godfather of Broken Heart" dengan panggilan Lord Didi. Julukan itu berawal dari lagu-lagu Didi Kempot yang hampir semuanya menceritakan tentang kesedihan dan kisah patah hati.

Editor : Tuty Ocktaviany