Kisah Daniel Sahuleka, Pernah Jadi Penyanyi Kafe hingga Pegawai Perusahaan Listrik di Belanda

Siska Permata Sari · Minggu, 19 September 2021 - 13:35:00 WIB
Kisah Daniel Sahuleka, Pernah Jadi Penyanyi Kafe hingga Pegawai Perusahaan Listrik di Belanda
Kisah hidup Daniel Sahuleka sebelum terkenal pernah jadi penyanyi kafe. (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Daniel Sahuleka terkenal sebagai penyanyi Belanda era 1980-an yang beken di daratan Eropa hingga Indonesia. Namun, siapa yang sangka, bahwa awal karier sang penyanyi justru berawal sebagai pegawai perusahaan listrik di Belanda. 

Ya, sebelum terkenal seperti sekarang, penyanyi berdarah Ambon ini sempat terdaftar sebagai pegawai perusahaan listrik bernama HF Waalders Winterswijk di Belanda. Saat itu, Daniel masih berusia 18 tahun. 

Pada masa mudanya, Daniel tidak hanya sebagai karyawan, dia pun pernah jadi penyanyi di kafe-kafe lokal di Belanda. Dia baru terjun ke dapur rekaman di era 1970-an, di mana dia saat itu merilis lagu perdananya, ‘You Make My World So Colourful’, aransemen dari komposer Belanda, Dick Bakker.

Lagu itu cukup meledak di pasaran, hingga dia kembali merilis single hits berjudul ‘Don't Sleep Away the Night’ di tahun 1978, yang membuat namanya melejit hingga ke negara asalnya, Indonesia. 

Pria kelahiran Semarang ini lalu mulai banyak merilis single dan album. Selain dua single hits itu, Daniel Sahuleka merilis sejumlah hit pada 1980-an seperti Wake Up dan We'll Go Out Tonight. Di era itu, Daniel bahkan menerima penghargaan tahunan Edison Award atau Grammy Award ala Belanda.

Meski sudah hits di era 1980-an, Daniel tidak puas. Dia tetap menelurkan sejumlah single dan album. Terbaru adalah album ‘Dad's Request’ yang dirilis pada 2015. Album-album lainnya yakni Sunbeam (1981), The Loner (1990), I Adore You (1993), Rahasia Sahuleka (1995), Colorfool (2004), dan reMAKE mySTYLE (2009).

Kiprahnya di panggung musik juga sudah melanglang buana. Mulai dari Eropa, Amerika, hingga Asia. Beberapa tahun belakangan, Daniel Sahuleka bahkan mengisi panggung-panggung musik di berbagai kota di Tanah Air. Mulai dari di Malang, Medan, Ambon, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Jakarta.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: