Lulus UGM, Eddy Sud Awali Karier Bentuk Grup Lawak EBI Bareng Bing Slamet dan Iskak

Nandha Aprilianti · Kamis, 23 September 2021 - 11:53:00 WIB
Lulus UGM, Eddy Sud Awali Karier Bentuk Grup Lawak EBI Bareng Bing Slamet dan Iskak
Eddy Sud aktor lulusan UMG yang mengawali karier membentuk grup lawak. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Eddy Sudiharjo atau yang dikenal dengan Eddy Sud dikenal sebagai aktor terkenal era 1970-an. Pada era itu Eddy juga sukses membentuk grup lawak EBI bareng Bing Slamet dan Iskak.  

Bukan sekadar pelawak, pria kelahiran 1937 juga bisa dibilang pandai di sekolah. Dia lulusan dari SMA De Britto, yang melanjutkan kuliah ke Universitas Gadjah Mada (UGM). Setelah lulus UGM  Eddy mengawali kariernya di dunia hiburan dengan terjun dengan membuat grup lawak yang diberi nama EBI.  

Tak berhenti sampai disitu, pembaruan terus dilakukan Eddy dan kawan-kawan. Pada 1967, tim pun bertambah dengan bergabungnya Ateng dan membentuk grup lawak bernama Kwartet Jaya yang dipimpin oleh Eddy. 

Disamping itu juga, Eddy diketahui sempat memimpin sebuah acara program ternama pada masanya yakni Aneka Ria Safari yang tayang pada salah satu stasiun tv pada 1980-an. 

Sementara, untuk grup lawak Kwartet Jaya mengalami perubahan setelah Bing Slamet meninggal dunia. Alhasil, tak lama setelahnya Kwartet Jaya pun membubarkan diri. 

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: