5 Manfaat Jahe Merah, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh hingga Kesuburan Pria

Rizqa Leony Putri ยท Sabtu, 28 November 2020 - 14:18:00 WIB
5 Manfaat Jahe Merah, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh hingga Kesuburan Pria
Jahe merah punya manfaat banyak bagi kesehatan. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Jahe merah merupakan salah satu tanaman rimpang yang sangat populer digunakan sebagai bahan obat, serta rempah-rempah. Rimpangnya berbentuk seperti jemari dan mengembung pada bagian sela-sela ruas tengahnya. Cara membuat wedang jahe cukup mudah. 

Meski memiliki rasa yang pedas karena adanya senyawa keton yang diberi nama zingeron, jahe merah nyatanya memiliki manfaat yang sangat besar. Berikut ini manfaat jahe merah bagi kesehatan, seperti dilansir dari Everyday Health, Sabtu (28/11/2020).

1. Membantu mengatasi radang otot

Berbagai kandungan yang ada pada jahe merah bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase. Pada akhirnya, dapat membantu melawan peradangan otot akut dan kronis.

2. Meredakan pilek atau flu

Jahe merah memiliki efek menghangatkan yang kerap digunakan untuk meredakan penyakit flu, pilek, atau demam. Jahe merah segar terbukti mampu melindungi sistem pernapasan, tetapi tidak dengan jahe kering. Tak heran, banyak yang menggunakan jahe untuk meredakan flu.

3. Turunkan kadar kolesterol

Jahe merah dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Seperti diketahui, kadar LDL atau kolesterol jahat yang tinggi tidak baik dan dapat membuat seseorang memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan, dengan konsumsi obat penurun kolesterol seperti atorvastatin, terdapat penurunan kadar LDL sampai dua tingkat yang sama efektifnya. Selain itu, juga penurunan kadar LDL dan trigliserida dalam darah secara signifikan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan gingerol dalam jahe merah berfungsi sebagai senyawa antiperadangan dan antioksidan yang ada pada jahe merah diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tak heran, jahe merah semakin diburu banyak orang sebagai penangkal penyakit, terlebih di masa pandemi yang tengah berlangsung seperti saat ini.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Jahe merah juga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria karena mengandung antioksidan dan aktivitas androgenik. Penelitian menunjukkan bahwa jahe merah dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron pada pria.

Editor : Tuty Ocktaviany