Memiliki Suara Merdu, Daniel Sahuleka Jadi Musisi Berkat Dukungan Istri Bulenya 

Andaru Danurdana · Minggu, 19 September 2021 - 15:50:00 WIB
Memiliki Suara Merdu, Daniel Sahuleka Jadi Musisi Berkat Dukungan Istri Bulenya 
Daniel Sahuleka musisi era 1970-an

JAKARTA, iNews.id Daniel Sahuleka, dikenal sebagai musisi asal Belanda namun berdarah Ambon. Dia adalah seorang penyanyi genre soul dan funk yang sempat tenar di era 1970-an hingga 2000-an. 

Aktif sejak 1976, Daniel yang sejak usia muda berbakat menyanyi baru berani masuk dapur rekaman setelah mendapat dorongan dari istri bulenya. Melihat minat dan bakat suami, sang istri, Alice Sahuleka, pun menyarankan Daniel masuk dapur rekaman musik saja dan mengejar mimpi menjadi musisi. Akhirnya, empat tahun kemudian, Daniel  rekaman setelah diajak oleh Rudy Bennett ke Polydor Records, label rekaman milik Universal Music Group, pada 1977. 

Daniel pun secara perdana merilis lagu You Make My World So Colorful yang diaransemen oleh komposer Belanda kawakan, Dick Bakker. Disusul dengan single Don’t Sleep Away the Night setahun kemudian, nama Daniel berhasil melejit di Indonesia dan Eropa. 

Di awal tahun 1980-an Daniel berhasil kembali tenar di Eropa berkat menyanyikan lagu buatan Ad Visser yang berjudul Giddyap a Gogo. Kesuksesan lagu-lagunya pun membuat Daniel masuk ke dalam daftar Top 40 penyanyi Belanda. 

Meski dikenal sebagai penyanyi internasional, namun aslinya Daniel memiliki keturunan berdarah Ambon. Bahkan dia pun lahir di Semarang p, 6b Desember 1950. Hingga kini, Daniel telah menciptakan ratusan lagu yang telah dirilis sejak pertama debut pada 1977 silam. 

Sebelum menjadi musisi, dikutip dari berbagai sumber, Minggu (19/9/2021), Daniel juga sempat bekerja sebagai pegawai perusahaan listrik di Belanda ketika berusia 18 tahun. Namun, di sela kesibukannya sebagai pegawai, Daniel juga sering tampil di beberapa kafe lokal yang ada di sekitarnya sebagai pekerjaan sampingan dan juga wadah penyalur minat.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: