Pelawak S Bagio Punya Prinsip Jangan Jadikan Agama Lelucon, Ingin Melawak Sampai Akhir Hayat

Ratu Syra Quirinno · Jumat, 17 September 2021 - 18:30:00 WIB
Pelawak S Bagio Punya Prinsip Jangan Jadikan Agama Lelucon, Ingin Melawak Sampai Akhir Hayat
S Bagio pelawak legendaris Indonesia. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id – S. Bagio, pelawak Indonesia yang terkenal dengan ungkapannya, bahwa membuat orang senang dan tertawa adalah bukan hal yang mudah. Selain itu jangan menyinggung-nyinggung hal yang sensitif suku, agama dan ras (SARA).

"Jadi pelawak itu susah, mas. Kita nggak bisa sembarangan ndagel... Agama, suku, warna kulit itu bukan bahan lelucon,” (S. Bagio, Komedian).

Mulanya Bagio berhasil memenangkan kejuaraan melawak di Yogyakarta, bersama Eddy Sud dan Iskak, yang selalu menempati urutan di bawahnya. Lalu dia terkenal lewat grup lawak Bagio CS bersama Darto Helm, Diran, dan Sol Saleh.

Bagio CS selain muncul di televisi dan film, diketahui juga aktif di berbagai panggung dan rekaman lawak, kadang disertai Eddy Sud. Bagio biasanya memerankan tokoh yang kagetan dan latah dengan kata-kata "Eh, copot.. copot!".

Bagio pun pernah menjadi peran utama film Mat Dower dengan aktris seksi diwaktu itu, yakni artis lawas Rahayu Effendi dan juga pernah dinominasikan di FFI dalam film Sang Guru.

Pria yang lahir pada 3 Maret 1933 ini terus berkarya dalam dunia hiburan sampai akhir hayatnya pada 29 Juli 1993. Bagio mengaku ingin melawak sampai tua. Dia pernah membentuk grup ketoprak Suryo Budoyo, yang memakai bahasa Indonesia. Agar yang bukan orang Jawa pun bisa menikmatinya, itulah alasannya.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: