Saat Ajang Fashion untuk Aksi Peduli Kanker Payudara
JAKARTA, iNews.id – Ajang fashion ternyata bisa bermanfaat lebih, tidak sekadar soal aksi berlenggak-lenggok di catwalk. Ternyata, kegiatan ini bisa menjadi bentuk solidaritas dan kepedulian bagi kesehatan.
Kini, fashion bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Termasuk sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian bagi kesehatan. Salah satunya untuk mendukung peningkatan awareness masyarakat terhadap kanker payudara dalam Hari Kanker Payudara Sedunia, pada 26 Oktober 2017.
Melalui acara Beauty of Batik Pink, Shangri-La Hotel berkolaborasi dengan pegiat batik, seperti Alleira Batik, Batikology, Coreta Bag, dan SAMKIM Skincare & Cosmetics, menyelenggarakan acara penggalangan dana bagi Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), melalui bazar dan peragaan busana.
"Acara ini sebenarnya untuk membangkitkan kepedulian khalayak umum untuk hidup yang lebih sehat," kata Director of Communication Shangri-la Hotel Debby Setiawaty, ketika ditemui iNews.id di lokasi acara, Kamis 26 Oktober 2017.
Dengan mengambil tema batik, tentu ada alasannya sendiri. Menurut Debby, Oktober ini juga menjadi bulannya batik. Sebab, Hari Batik Nasional jatuh pada 2 Oktober lalu. Sebelumnya, kata Debby, pada 8 Oktober, pihaknya telah membuat acara Pink Walkathon sebagai kegiatan sosial atau CSR yang diikuti oleh 120 relawan.
"Kegiatan ini ada ketika kami berkumpul dengan Ibu Linda Herlinda (pemilik Batikology) dan Ibu Tati Hendro Priyono (pendiri dan pembina YKPI). Terlintaslah ide membuat acara ini karena bulan Oktober itu ada Hari Kanker Sedunia dan Hari Batik Nasional, jadi mengapa tidak kami gabungkan?," terang Coreta Louise selaku pemilik Coreta Bag yang turut terlibat dalam kegiatan ini.
Di acara tersebut, Coreta memamerkan koleksi-tas yang menggabungkan konsep colorful dan batik timbul. "Saya memilih motif batik parang. Saya lihat batik klasik seperti motif parang ini, sedang menjadi tren lagi," sambungnya. Untuk warna sendiri, Coreta memilih cokelat, pink, merah, dan hijau yang dipadupadankan dengan batik.
Berbeda lagi dengan Alleira Batik yang memamerkan selendang-selendang corak batik yang mempesona. Mulai dari selendang batik berwarna pink lembut, pink soda, emas, hitam-putih, cokelat, dan biru muda.
"Hasil penjualan selendang ini, sebagian akan disumbangkan untuk Yayasan Kanker Payudara Indonesia," kata Zakaria Hamzah selaku Chief Operational Officer Alleira Batik.
Sejak awal Oktober dalam acara Pink Walkhaton hingga hari ini, penggalangan dana berhasil meraup dana sebesar Rp25.000.000 yang diserahkan kepada Yayasan Kanker Payudara Indonesia.
Editor: Tuty Ocktaviany