Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Karyawan Ungkap Detik-Detik Kebakaran Gedung di Kemayoran
Advertisement . Scroll to see content

Ini Panduan Membuat Surat Referensi Kerja yang Dibutuhkan Para Pelamar

Jumat, 26 Februari 2021 - 07:44:00 WIB
Ini Panduan Membuat Surat Referensi Kerja yang Dibutuhkan Para Pelamar
Momen wawancara kerja. (Foto: Ilustrasi Boldsky)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Surat referensi kerja sangat dibutuhkan bagi seseorang yang ingin melamar pekerjaan. Ini merupakan surat yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menerangkan mengenai jabatan, kinerja, dan perilaku seorang karyawan pada jangka waktu tertentu. 

Ada-hal yang perlu diperhatikan dalam surat referensi pekerjaan. Surat referensi kerja biasanya berisi data diri karyawan, nama perusahaan atau lembaga, masa jabatan, posisi jabatan di perusahaan, dan alasan pengunduran diri.

Surat referensi kerja dapat menjadikan Anda lebih unggul dari pelamar kerja lainnya karena sudah terdapat bukti tertulis tentang kemampuan Anda. Berikut beberapa tips saat membuat surat referensi kerja yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Jumat (26/2/2021).

1. Fokus di deskripsi pekerjaan

Sesuaikan deskripsi pekerjaan dengan posisi yang dimiliki. Pastikan apa yang ditulis telah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Deskripsikan pekerjaan dengan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami. 

2.   Kumpulkan informasi

Informasi tersebut bisa didapatkan dari resume atau CV yang dibuat oleh orang yang bersangkutan. Jika sudah lama sejak bekerja dengan orang tersebut, tulis poin yang ingin dijadikan sorotan dalam surat referensi tersebut.

3. Tulis hal positif mengenai orang yang bersangkutan

Anda dapat menjelaskan bahwa orang tersebut merupakan kandidat yang kuat. Sampaikan juga bahwa Anda sangat merekomendasikan orang tersebut dengan kata-kata “Karyawan ini sangat profesional selama bekerja”. Tekankan ini terutama pada awal dan akhir surat referensi Anda. Hal ini akan membantu mantan karyawan tersebut menjadi menonjol.

4. Lakukan pengecekan kembali

Untuk menghindari kesalahan tujuan penulisan surat referensi kerja, lakukan pengecekan lagi. Tanyakan ulang kepada orang yang bersangkutan tujuan dari pembuatan surat referensi kerja. Pastikan bahwa surat tersebut memiliki seluruh informasi dan data yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan. Misalnya untuk melamar pekerjaan, membuka rekening bank, membuat kartu kredit atau bahkan untuk mengajukan KPR.

Editor: Tuty Ocktaviany

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut