Infografis Arab Saudi Larang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Anton Suhartono ยท Kamis, 25 November 2021 - 21:24:00 WIB
Infografis Arab Saudi Larang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Arab Saudi melarang selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi (Grafis: MAP)

MAKKAH, iNews.id - Pemerintah Arab Saudi melarang selfie serta mengambil foto dan video di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Kebijakan ini pernah dibuat pada 2017, namun kembali ditegakkan tahun ini menyusul berangsur normalnya aktivitas ibadah di Dua Masjid Suci.

Otoritas Saudi sedang mempertimbangkan pemberlakuan hukuman denda berat bagi pelanggar. Aturan ini nantinya tak hanya berlaku bagi Dua Masjid Suci, tapi juga semua masjid di Arab Saudi.

Menurut laporan resmi, mengambil gambar di dalam atau sekitar kedua tempat suci ini akan dianggap sebagai pelanggaran. Tidak seorang pun diizinkan mengambil foto atau video. Aparat keamanan akan memastikan tidak ada yang akan melanggar hukum dan tak segan-segan menangkap mereka.

Alasannya, aktivitas selfie serta mengambil foto dan merekam video dianggap tidak menghormati tempat suci. Selain itu mengganggu jemaah yang beribadah.

Keputusan serupa juga pernah diambil pada 2017 saat seorang warga Israel memasuki Masjidil Haram untuk mengambil foto dan mengunggahnya di Facebook hingga menimbulkan reaksi keras. 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: