Infografis Jurnalis AS Divonis 11 Tahun Penjara

Salsabilla Nur Rizki ยท Jumat, 12 November 2021 - 20:49:00 WIB
Infografis Jurnalis AS Divonis 11 Tahun Penjara

Infografis jurnalis AS divonis 11 tahun penjara. (Infografis: MAP)

NAYPYIDAW, iNews.id - Danny Fenster (37), seorang jurnalis asal Amerika Serikat (AS) dijatuhi hukuman 11 tahun penjara di Myanmar, Jumat (12/11/21). Dia dinyatakan bersalah karena melanggar undang-undang imigrasi dan memicu perbedaan pendapat terhadap militer Myanmar melalui beritanya.

Selain vonis 11 tahun, dia juga menghadapi dua tuntutan lain atas dasar penghasutan dan terorisme. Hukuman maksimal untuk kasus ini yakni penjara seumur hidup. 

Danny merupakan redaktur pelaksana di media daring Frontier Myanmar. Dia ditangkap di Bandara Internasional Yangon pada Mei 2021. 

Dia merupakan satu dari sekian banyak jurnalis lokal yang ditangkap karena permasalahan militer di Myanmar. Persidangan selanjutnya akan dilaksanakan pada Selasa (16/11/21).

Menurut media Frontier, Danny pernah bekerja untuk Myanmar Now yang merupakan sebuah media independen yang kerap mengkritik militer Myanmar sejak kudeta dimulai. 

“Danny ditangkap karena bekerja di media terlarang, Myanmar Now. Padahal dia telah keluar dari media tersebut pada Juli 2020 dan bergabung dengan Frontier pada bulan berikutnya. Jadi saat penangkapannya pada bulan Mei lalu, ia sudah bekerja selama sembilan bulan di Frontier,” lapor media daring itu.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda