Infografis Mundur dari IKN, Pendiri Softbank Kehilangan Rp358 Triliun

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 16 Maret 2022 - 14:05:00 WIB
Infografis Mundur dari IKN, Pendiri Softbank Kehilangan Rp358 Triliun

Infografis Mundur dari IKN, Pendiri Softbank Kehilangan Rp358 Triliun

TOKYO, iNews.id - SoftBank Group Corp baru saja mengumumkan mengundurkan diri sebagai investor baru Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Pendiri dan CEO Softbank Group Corp Masayoshi Son kehilangan kekayaan sekitar 25 miliar dolar AS atau Rp358 triliun pada tahun lalu menjadi 13,7 miliar dolar AS atau Rp196,1 triliun. 

Mengutip Bloomberg, kekayaan Son yang juga mengundurkan diri dari Dewan Pengarah Pembangunan IKN Nusantara, merosot karena saham perusahaan Jepang itu telah jatuh hampir 60 persen pada tahun lalu. Grafik pinjaman bertambah, menunjukkan utang bersih perusahaan semakin berat dibanding dengan nilai ekuitas kepemilikannya. 

Selain itu, masalah terus menumpuk baru-baru ini, mulai dari tindakan keras pemerintah China terhadap perusahaan teknologi, invasi Rusia ke Ukraina, inflasi hingga pasar saham. 

Son yang merupakan orang terkaya Jepang tahun lalu menurut versi Forbes itu mengaku tengah berada dalam masa-masa sulit. Pada Februari lalu, dia menggambarkan SoftBank sedang di tengah badai musim dingin dan mengumumkan nilai aset perusahaan selama tiga bulan hingga Desember 2021 turun 1,55 triliun yen menjadi 19,3 triliun yen.

Sejak itu, kondisinya semakin buruk. Pasar untuk penjualan saham baru, yang penting bagi kesuksesan SoftBank, telah mengering. Didi Global Inc. merosot ke rekor 44 persen pada akhir pekan lalu setelah perusahaan transportasi online itu menangguhkan IPO di Hong Kong. 

Sementara sebagai tanda terbaru SoftBank kekurangan uang tunai, Vision Fund-nya menjual saham di raksasa e-commerce Korea Selatan Coupang Inc. senilai 1 miliar dolar AS dengan harga diskon pada pekan lalu.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda