Infografis Saudi Dilaporkan Tertarik Sistem Pertahanan Iron Dome Israel

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 16 September 2021 - 21:14:00 WIB
Infografis Saudi Dilaporkan Tertarik Sistem Pertahanan Iron Dome Israel

Arab Saudi dilaporkan tertarik membeli sistem pertahanan Iron Dome Israel (Grafis: Made Prisni)

NEW YORK, iNews.id - Arab Saudi disebut-sebut tertarik untuk membeli sistem pertahanan Iron Dome dari Israel. Bahkan Saudi dilaporkan sudah menghubungi Israel membahas kemungkinan pembelian.

Majalah analisis militer asal Amerika Serikat, Breaking Defense, melaporkan Saudi menjajaki kerja sama pengadaan sistem pertahanan Iron Dome dengan produsennya yakni perusahaan teknologi pertahanan Israel, Rafael, serta Barak ER yang diproduksi Israel Aerospace Industries (IAI).

Beberapa sumber pertahanan Israel mengatakan, kesepakatan semacam itu bisa saja terwujud selama kedua negara mendapat persetujuan dari AS. 

Sementara itu, seorang sumber mengatakan ketertarikan Arab Saudi pada sistem pertahanan rudal Israel itu telah mencapai fase yang sangat praktis, yang berarti ada peluang besar untuk diloloskan AS. 

Sumber yang sama mengatakan, Riyadh telah mengadakan pembicaraan tingkat rendah dengan Tel Aviv selama beberapa tahun ini tentang sistem tersebut dan tampaknya semakin serius sejak AS berencana menghapus aset pertahanan udaranya dari Arab Saudi.  Keputusan itu dibuat setelah AS secara diam-diam mengeluarkan sistem pertahanan udara Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) dan rudal Patriot dari Pangkalan Udara Pangeran Sultan, di luar Riyadh.  

Selain dengan Israel, Arab Saudi dikatakan juga mempertimbangkan opsi untuk memperoleh pengadaan pertahanan rudalnya dengan negara-negara lain, termasuk China dan Rusia.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: