JAKARTA, iNews.id - Sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan publik. Di balik upaya komunikasi yang strategis, semangat kerja berbasis ketulusan menjadi fondasi utama peningkatan kinerja sumber daya manusia (SDM) di lingkungan kementerian tersebut.
Kepala Biro Humas dan Protokol Kementerian ATR/BPN, Harison Mocodompis, menegaskan bahwa kinerja lembaga publik sangat bergantung pada kualitas manusia di dalamnya. “Perbaikan persepsi masyarakat terhadap pemerintah bukan semata karena programnya bagus, tapi karena SDM-nya benar-benar bekerja dengan jati diri sebagai pelayan publik,” ujarnya dalam Podcast ATR/BPN.
Menurutnya, budaya bekerja dengan hati perlu menjadi karakter utama di setiap lini pelayanan publik. Ia menekankan, ketika pegawai menganggap pekerjaan sebagai bagian dari ibadah, maka setiap tugas dijalankan dengan sukacita dan rasa tanggung jawab.
Transformasi yang dilakukan Kementerian ATR/BPN melalui program strategis seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menjadi wujud nyata dedikasi aparatur negara dalam memberikan kepastian hukum dan menata ruang hidup masyarakat. “Orang BPN itu tidak pernah kehabisan semangat, inovasi, dan dedikasi untuk melaksanakan tugas,” tutur Harison.
Lebih jauh, semangat tersebut disebutnya tumbuh dari rasa bangga menjadi bagian dari lembaga yang berperan langsung dalam memperkuat sendi-sendi negara. Ia pun berpesan kepada para pegawai muda agar bekerja dengan keikhlasan. “Ukuran keberhasilan bukan hanya jabatan atau kekayaan, tapi sejauh mana hati kita hadir dalam pekerjaan,” pungkasnya.
Editor: Yudistiro Pranoto