Kunjungi Indonesia, Ini Agenda Perdana Menteri China

iNews Sore ยท Senin, 07 Mei 2018 - 21:35 WIB

JAKARTA, iNews.id - Perdana Menteri China (Tiongkok) Li Keqiang tiba di Jakarta untuk kunjungan kenegaraan, Minggu (6/5/2018). Kunjungan Perdana Menteri Li Keqiang ini menandai perayaan 5 tahun kemitraan strategis Indonesia-China, sekaligus 15 tahun kemitraan strategis Negeri Tirai Bambu dengan ASEAN.

Mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Li disambut Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan sejumlah pejabat senior.

Selama berada di Jakarta, Li mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Dia juga dijadwalkan hadir dalam pertemuan pebisnis Indonesia dan China, sekaligus menandatangani sejumlah dokumen kerja sama.

China merupakan mitra dagang Indonesia terbesar dalam 7 tahun terakhir. Pada 2017, perdagangan kedua belah pihak mencapai 63,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp887,9 triliun. Angka tersebut meningkat 18 persen dari tahun sebelumnya. Kerja sama dengan China, antara lain jalur kereta cepat Jakarta-Bandung dan pembangunan sejumlah kawasan industri.

Video Editor: Alvian Surya

Editor : Dani Dahwilani