Mencicipi Lezatnya Chicken Tikka, Kuliner India yang Kaya Rempah

Siska Permata Sari ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 18:20 WIB

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Indonesia bukan satu-satunya masakan di dunia yang mengandung banyak rempah-rempah. Hal yang serupa juga berlaku pada masakan-masakan India. Salah satunya chicken tikka atau teeka.

President Director dari restoran India di Jakarta, Ganesha ek Sanskriti, Shilpa Dave mengatakan, chicken tikka adalah salah satu makanan khas India yang dibuat dari irisan daging ayam dan campuran rempah-rempah aromatik.

“Cara membuat chicken tikka itu adalah daging ayam direndam dalam rempah-rempah kemudian dipanggang dalam oven tandoor dan disajikan dengan saus masala,” kata Shilpa Dave di Ganesha ek Sanskriti Menara Karya Traditional Indian Cuisine, Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.

Cara penyajian chicken tikka pun cukup unik, karena potongan daging ayam disusun menggunakan semacam tusukan sehingga menyerupai satai ayam berukuran besar. Bedanya, bumbu pada chicken tikka kaya akan rempah yang biasanya terdiri dari kunyit, paprika, tomat (puree) dan rempah-rempah lainnya.

Penasaran dengan cara membuat chicken tikka? Chef Avtar Rana selaku Executive Chef of Ganesha ek Sanskriti dan Chef Surjeet Rawat selaku Unit Chef of Ganesha ek Sanskriti Menara Karya mempraktikkan cara pembuatan langsung dari dapurnya. Berikut video selengkapnya di program Icip-Icip iNews.id.

Video Editor: Mochamad Nur
Cameraman: Irfandi, Faisal Reza

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel: