Picu Abrasi, Warga Lampung Minta Hentikan Penambangan Pasir

iNews Pagi ยท Kamis, 22 Februari 2018 - 12:40:00 WIB

LAMPUNG, iNews.id - Penambangan pasir di pesisir Pantai Sawmil, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Lampung dikeluhkan warga setempat. Warga menilai penambangan pasir telah memicu abrasi di sekitar pesisir Pantai Sawmil.

Keluhan tersebut disampaikan warga melalui hotline rakyat bicara iNews. Menurut warga, semenjak ada aktivitas penambangan pasir, abrasi di sekitar pantai semakin bertambah parah. Abrasi tidak hanya merusak lingkungan namun juga merusak sejumlah rumah warga.

Polemik penambangan pasir di pesisir Pantai Sawmil sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Bahkan warga telah melaporkan penambangan pasir ini ke Polda Lampung. Namun sampai saat ini tidak ada tanggapan.

Ada 5 perusahaan tambang yang melakukan penambangan pasir di kawasan ini. Dua diantaranya dilakukan PT Kariti dan Wahana Tanggamus Berkah. Selain telah merusak lingkungan, perusahaan yang melakukan penambangan juga ditengarai belum memperoleh izin amdal. Karena itu masyarakat setempat meminta agar penambangan pasir di Pantai Sawmil dihentikan.

Video Editor: Widya Lisfianti