13 Pendemo Myanmar Ditembak Mati, Sejumlah Ledakan Hantam Kota Yangon

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 07 April 2021 - 20:02:00 WIB
13 Pendemo Myanmar Ditembak Mati, Sejumlah Ledakan Hantam Kota Yangon
Demonstrasi massa penentang kudeta militer di Kota Yangon, Myanmar, Maret lalu. (Foto: Reuters)

YANGON, iNews.idKekerasan di Myanmar terus berlanjut. Aparat setempat menembaki para pendemo yang menentang kudeta, Rabu (7/4/2021), menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai sejumlah orang lainnya.

Pada hari yang sama, serangkaian ledakan kecil menghantam pusat bisnis yang juga kota terbesar Myanmar, Yangon. Tak hanya itu, sebuah pabrik milik China juga dibakar.

Junta militer negara itu menyatakan, gerakan protes sipil telah “menghancurkan” Myanmar.

Menurut data yang dihimpun sebuah kelompok aktivis, sudah lebih dari 580 orang tewas di Myanamr sejak kudeta 1 Februari. Berbagai aksi protes dan mogok nasional pun terus berlanjut sejak itu, meski junta militer menggunakan kekerasan yang menelan korban jiwa untuk memadamkan gerakan massa tersebut.

Reuters melansir, aparat keamanan pada Rabu ini melepaskan tembakan terhadap massa pengunjuk rasa di Kota Kale yang terletak di bagian barat laut Myanmar.  Seorang penduduk setempat dan media Myanmar Now melaporkan, 11 orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Sementara, dua pengunjuk rasa lainnya tewas di Kota Bago yang berada dekat dengan Yangon, kata Myanmar Now.

Warga Yangon mengatakan, setidaknya tujuh ledakan kecil terdengar di kota itu, termasuk di gedung-gedung pemerintah, rumah sakit militer, dan pusat perbelanjaan. Tidak ada korban jiwa dan juga tidak ada pihak yang mengklaim tanggung jawab atas ledakan itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2