3 Napi Tewas seusai Meminum Gel Antibakteri untuk Tangkal Covid-19

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 06:41 WIB
3 Napi Tewas seusai Meminum Gel Antibakteri untuk Tangkal Covid-19

Ilustrasi narapidana yang mendekam di penjara. (Foto: AFP)

MEXICO CITY, iNews.id – Tiga narapidana (napi) di sebuah penjara di Meksiko meninggal dunia setelah menelan gel antibakteri yang didistribusikan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pemerintah setempat mengumumkan kematian mereka, Rabu (1/7/2020).

Para lelaki itu mengira gel itu akan memiliki efek yang sama dengan minuman beralkohol. Sementara, satu napi lagi, pria keempat, dilaporkan dalam keracunan serius.

“Tiga dari empat narapidana kehilangan nyawa karena mabuk. Yang selamat menceritakan kepada otoritas penjara apa yang telah terjadi,” ungkap sebuah pernyataan dari Departemen Keamanan Negara Bagian Puebla, Meksiko, seperti dikutip AFP, Kamis (2/7/2020).

Media lokal melaporkan, para narapidana telah mencampur gel itu dengan minuman cola. “Mereka (meminum gel antibakteri itu) bukan termotivasi untuk kesehatan, tetapi untuk (memperoleh efek mabuk) minum alkohol dan itulah yang menyebabkan kematian mereka,” ucap Menteri Dalam Negeri Puebla, David Mendez.

Pihak berwenang telah mendistribusikan gel antibakteri di penjara-penjara Meksiko yang penuh sesak dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Meksiko, yang memiliki total penduduk 127 juta, sejauh ini telah mencatat lebih dari seperempat juta kasus infeksi Covid-19. Lebih dari 27.000 di antaranya adalah kasus yang berujung pada kematian.

Editor : Ahmad Islamy Jamil